Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

SEPULUH JENIS KESALAHAN TERHADAP NAMA SUCI TUHAN

Bahu janma kariadi sravanam kirtanam
tabu tana paya krsna pade prema dana

Walaupun seseorang berusaha mengucapkan Nama Suci Tuhan selama banyak penjelmaan tetapi masih melakukan sepuluh jenis kesalahan maka dia tidak akan mencapai tujuan terakhir dalam hidupnya yaitu mencintai Tuhan Yang Maha Esa Sri Krsna.

Sepuluh jenis kesalahan terhadap Nama Suci Tuhan :
1.       Menghina penyembah-penyembah Tuhan yang sudah menyerahkan dirinya untuk mengajarkan nama Suci Tuhan Yang Maha Esa.
2.       Mempersamakan nama-nama para deva dengan nama Suci Visnu misalnya mempersamakan nama Siva atau Brahma dengan nama Suci Visnu atau menganggap bahwa nama deva-deva tidak tergantung pada Nama Suci Visnu.
3.       Melanggar perintah-perintah sang guru kerohanian.
4.       Menghina kesusastraan Veda atau kesusastraan yang sesuai dengan ajaran Veda.
5.       Menganggap bahwa cara yang mulia mengucapkan maha-mantra Hare Krsna adalah suatu khayalan.
6.       Menafsirkan tentang kemuliaan nama-nama suci Tuhan YME.
7.       Berbuat dosa sambil mengucapkan Nama Suci Tuhan dengan maksud diampuni nantinya setelah mengucapkan Nama Suci Krsna Tuhan  Yang Maha Esa.
8.       Menganggap bahwa cara yang mulia mengucapkan maha mantra hare krsna adalah  salah satu kegiatan yang saleh atau upacara–upacara yang diajarkan dalam Veda sebagai kegiatan yang dimaksudkan  untuk membuahkan hasil atau karma kanda.
9.       Mengajarkan orang-orang yang tidak beriman tentang kemuliaan Nama Suci Tuhan YME.
10.   Masih ragu-ragu dalam mengucapkan Nama Suci Tuhan atau masih memelihara perikatan-perikatan duniawi walaupun dia sudah banyak mengerti ajaran-ajaran mengenai hal itu. Setiap penyembah  yang memperkenalkan dirinya sebagai seorang vaisnava dia harus berpantang tehadap 10 jenis kesalahan tersebut diatas agar dia cepat-cepat mencapai kesempurnaan.

Marilah kita bersujud dengan segala penghormatan kepada vaisnava penyembah-penyembah Tuhan yang dapat memenuhi keinginan setiap orang seperti halnya kalpa vrksa pohon yang dapat memenuhi segala keinginan mereka selalu sangat baik terhadap roh-roh yang seperti hamba ki-jay.
Sujud :
vancha kalpatarubhyas ca
krpa sindubhya eva ca
patitanam pavanebhyo
vaisnavebhyo namo namah

Posting Komentar untuk "SEPULUH JENIS KESALAHAN TERHADAP NAMA SUCI TUHAN"