Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Laporan Training di Sampatti Villa Seminyak

 

KATA PENGANTAR

 

          Puji syukur saya panjatkan kehadapan Ida Sang Hyang Widhi Wasa karena atas berkat-Nya lah saya bisa menyelesaikan laporan ini dengan baik.

Laporan ini disusun dalam rangka saya mengikuti On The Job Training di SAMPATTI VILLA selama 3 bulan. Saya mengucapkan terima kasih sebanyak-banyaknya kepada semua staf Sampatti Villa dan saya ucapkan terima kasih kepada:

  1. Bapak Kepala SMA (SLUA) Saraswati Selat
  2. Bapak Samiasa selaku Kepala Program Akomodasi Perhotelan
  3. Bapak Gusti Oka Wahyu sebagai Manajer Villa
  4. Dan Bapak / Ibu guru yang sudah memberikan ilmu kepada saya sehingga dapat tersusunnya laporan ini.

Selama 3 bulan saya melakukan prakerin di Sampatti Villa Seminyak saya banyak diajarkan tentang bagaimana prosedur menyajikan makanan (breakfast, lunch and dinner) untuk tamu.  Saya dibimbing dan dibina oleh para senior pada seksi masing-masing. Mereka sangat ramah kepada saya, saya merasa senang saat dibimbing oleh mereka.  Oleh itu saya banyak tahu tentang cara menyajikan serta menyiapkan makanan untuk tamu.

Demikian laporan ini saya buat dan menyadari bahwa laporan ini masih banyak kekurangan, oleh karena itu saya mengharapkan komentar dan saran dari pembaca untuk kesempurnaan laporan ini.

 

                                                                            Selat, 25 April 2022

                                                                            Penulis

 

                                                                                    LUH XXXX XXXXXXXX


 DAFTAR ISI

 

SAMPUL

LEMBAR PENGESAHAN.. i

KATA PENGANTAR.. ii

DAFTAR ISI. iii

BAB I PENDAHULUAN.. 1

1.1 Latar Belakang. 1

1.2 Rumusan Masalah. 1

1.3 Tujuan. 2

1.4 Manfaat 2

1.4.1 Manfaat Bagi Siswa. 2

1.4.2 Manfaat Bagi Sekolah. 2

1.4.3 Manfaat Bagi  DU/DI. 2

BAB II PEMBAHASAN.. 3

2.1 Gambaran Umum.. 3

2.2 Sarana dan Prasarana hotel 3

2.3 Job Deskripsi Masing - Masing Departement dan Seksinya. 4

2.4 Struktur Organisasi Hotel 7

BAB III PELAKSANAAN PROGRAM... 8

3.1 Proses Pelaksanaan Program.. 8

3.2 Apa saja hambatan-hambatan yang ada di Sampatti Villa?. 11

3.2.1 Hambatan Internal 11

3.2.2 Hambatan Ekternal 12

3.3 Bagaimana cara pemecahan masalah di Sampatti Villa?. 12

3.4 Hasil - hasil apa saja yang dicapai di Sampatti Villa?. 12

3.5 Bagaimana hubungan dengan teman, atasan dan seluruh karyawan di Sampatti Villa?  12

BAB IV PENUTUP. 14

4.1 Simpulan. 14

4.2 Saran - Saran. 14

4.2.1 Untuk Sekolah. 14

4.2.2 Untuk Hotel 14

LAMPIRAN

1. Dokumentasi Kegiatan Praktek

2. Sertifikat Training


BAB I
PENDAHULUAN

 

1.1 Latar Belakang

Di era globalisasi ini khususnya di bidang pariwisata, terutama di bidang perhotelan yang merupakan suatu dunia industri yang memiliki penghasilan tinggi dari tingkat hunian oleh tamu.

Untuk itu saya melakukan prakerin ke hotel - hotel untuk menambah wawasan dan melatih keterampilan sebagai seorang pekerja perhotelan, supaya dapat bekerja sesuai ketentuan dan prosedur kerja yang baik dan benar yang telah ditetapkan di hotel tersebut, Oleh sebab itu, perlu dilakukan atau dilaksanakan melalui prakerin (job training) yang menjadi dasar kita untuk melatih keterampilan dan bakat yang kita miliki. Salah satu lembaga yang dimaksud adalah Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) atau Sekolah Menengah Atas (SMA) yang dapat melatih siswa yang ahli dalam bidangnya dan nantinya dapat menjadi tenaga kerja yang propesional dan siap pakai. Salah satunya adalah SMA (SLUA) Sarasawati Selat. Sekolah ini asalah Sekolah Menengah Atas yang juga menyediakan bidang keahlian Akomodasi Perotelan yang menjadikan para siswa yang lulus mampu bersaing dan menjadi tenaga kerja yang siap pakai dalam bidang pariwisata. Untuk mewujudkan hal itu maka dilakukan prakerin (Praktek Kerja Industri) selama tiga bulan.

SMA (SLUA) Saraswati Selat merupakan Sekolah Menengah Atas yang menyediakan para siswa yang lulus mampu bersaing dan mejadi tenaga kerja yang siap melanjutkan pendidikan negeri ataupun siap pakai dalam bidang pariwisata. Untuk menjadikan siswa tenaga kerja yang terampil maka diwujudkan melalui adanya pelatihan /training yang disebut prakerin.

 

1.2 Rumusan Masalah

a.                Bagaimana proses pelaksanaan program di Sampatti Villa?

b.               Apa saja hambatan – hambatan di Sampatti Villa?

c.                Bagaimana cara pemecahan masalah di Sampatti Villa?

d.               Hasil - hasil apa saja yang sudah dicapai di Sampatti Villa?

e.                Bagaimana hubungan dengan teman, atasan dan seluruh karyawan di Sampatti villa

 

1.3 Tujuan

         Dengan diadakannya prakerin diharapkan seorang siswa mampu bekerja sesuai dengan prosedur dan ketentuan hotel, dan mengetahui alat dan bahan apa saja yang digunakan di hotel dan seorang siswa diharapkan bisa menjadi seorang pekerja hotel yang siap kerja dan sudah memenuhi ketentuan dan prosedur hotel tersebut, dan seorang siswa yang akan melakukan prakerin harus berpenampilan baik, rapi, ramah, sopan, disiplin dan jujur. Dan tujuan diadakannya prakerik ini adalah untuk mempraktekan teori yang didapat di Sekolah dan untuk melatih keterampilan yang dimiliki seorang siswa tersebut.

 

1.4 Manfaat

Manfaat yang dapat kita peroleh dari prakerin ini adalah:

1.4.1 Manfaat Bagi Siswa

-          Siswa yang melakukan prakerin dapat melatih keterampilan dan dapat menambah wawasan di dunia industri,

-          Siswa-siswi dapat mengetahui bagaimana tata cara bekerja di Hotel yang sebenarnnya,

-          Siswa juga dapat bukti pelatihan kerja /sertipikat dari tempat training

1.4.2 Manfaat Bagi Sekolah

Kerjasama antara industri dan sekolah terjalin. Berjalannya program pelatihan yang direncanakan oleh institusi.

1.4.3 Manfaat Bagi  DU/DI

Karyawan hotel merasa terbantu dan pekerjaannya akan terasa lebih ringan.

 

 

 

 

 

 

BAB II
PEMBAHASAN

 

2.1 Gambaran Umum

Sampatti Villas menawarkan taman dan teras di Seminyak, 1,6 km dari Pantai Legian dan Pantai Double Six. Fasilitas yang ditawarkan di akomodasi ini meliputi restoran, resepsionis 24 jam, layanan kamar, dan Wi-Fi gratis. Hotel ini memiliki kamar 12 jumlah kamar dengan 9 kamar 1 bed room dan 3 kamar 2 bed room dengan privat pool di setiap kamar. Unit-unitnya dilengkapi dengan AC, TV layar datar dengan saluran satelit, kulkas, teko, shower, jubah mandi, dan meja. Kamar mandi pribadinya dilengkapi dengan bathtub, sandal, dan pengering rambut. Setiap kamar di hotel ini memiliki area tempat duduk. Sarapan kontinental tersedia setiap pagi di Sampatti Villas.

Tempat-tempat menarik yang populer di dekat akomodasi meliputi Pantai Seminyak, Jalan Oberoi, dan Made's Warung Seminyak. Bandara terdekat adalah Bandara Internasional Ngurah Rai, 6 km dari Sampatti Villas, dan akomodasi ini menawarkan layanan antar-jemput bandara berbayar.

Sampatti villa di rancang untuk anda yang ingin menikmati suasana yang nyaman dengan privasi yang sangan terjamin dan sangat bagus digunakan untuk liburan keluarga, teman atau honeymoon. Serta adanya pelayanan yang profesional dan tim ramah yang selalu tangan-on untuk membantu anda, mengharapkan indulgensi dari hari pertama untuk seluruh tinggal anda

 

2.2 Sarana dan Prasarana hotel

Fasilitas terpopuler

-          Antar-jemput bandara             -  Spa & pusat kesehatan

-          Kamar bebas rokok                 -  Layanan kamar

-          Restoran                                  -  Parkir pribadi

-          Parkir gratis                             -  Kamar keluarga

-          WiFi gratis

 

Sampatti Villas menawarkan akomodasi dengan restoran, parkir pribadi gratis, taman, dan teras di Seminyak, 1,6 km dari Pantai Legian. Akomodasi ini berjarak sekitar 2,2 km dari Ku De Ta, 2,7 km dari Pura Petitenget, dan 3,1 km dari Potato Head Beach Club. Akomodasi ini memiliki resepsionis 24 jam, antar-jemput bandara, layanan kamar, dan Wi-Fi gratis. Unit-unitnya dilengkapi dengan AC, TV layar datar dengan saluran satelit, kulkas, teko, shower, jubah mandi, dan meja. Kamar mandi pribadinya dilengkapi dengan bathtub, sandal, dan pengering rambut. Kamar-kamar di hotel ini memiliki area tempat duduk. Sarapan kontinental tersedia setiap pagi di Sampatti Villas. Tempat-tempat menarik yang populer di dekat akomodasi meliputi Pantai Double Six, Pantai Seminyak, dan Jalan Oberoi. Bandara terdekat adalah Bandara Internasional Ngurah Rai, 6 km dari Sampatti Villas.

 

2.3 Job Deskripsi Masing - Masing Departement dan Seksinya

A. Kitchen (F&B Product)

 Bertugas menyiapkan dan menyajikan makanan dan minuman sesuai dengan orderan tamu dan menjaga kebersihan kitchen

Seksi – seksinya adalah:

1.      Executive chef. Tugas dan tanggung jawabnya:

a.       Menguasai dapur dan menyusun menu

b.      Menjaga keseimbangan food cost dan bertanggung jawab atas staff

2.      Sous chef. Tugas dan tanggung jawabnya adalah:

a.       Menjadi contoh yang baik bagi staff

b.      Menjalankan operasional setiap bagian/ outlet yang dikepalainya

c.       Menjaga hygiene dan sanitation dalam lingkungan pekerjaan

3.      Chef de partie, Tugas dan tanggung jawabnya:

a.       Menguasai dan menjaga kwalitas food itu sendiri

b.      Bekerjasama dengan bawahan dalam hal tugas operational secara detail

4.      First cook dan second. Tugas dan tanggung jawabnya:

a.       Menyiapkan makanan untuk buffe

b.      Membuat orolesan untuk tamu ala carte

5.      Cook helper. Tugas dan tanggung jawabnya:

a.       Membuat dessert untuk buffe

b.      Membuat dessert untuk karyawan

c.       Menyiapkan coffee break

6.      Steward. Tugas dan tanggung jawabnya:

a.       Bertugas untuk membersihkan dapur dan semua peralatannya

 

B. Restaurant (F&B Service)

Bertugas untuk menyiapkan dan menyajikan makanan dan minuman kepada para tamu baik tamu di dalam hotel atau diluar hotel

1.      Supervisor Restaurant. Tugas dan tanggung jawabnya:

a.       Membuat request barang untuk keperluan tamu

b.      Bisa menyelesaikan taking order dan permasalahannya

c.       Bertanggung jawab ke F&B Coordinator

d.      Membuat schedule untuk waiter/waitress

2.      Captain Restaurant. Tugas dan tanggung jawabnya:

a.       Bertanggung jawab ke supervisor restaurant

b.      Mengecek taking order

c.       Mencatat keperluan sehari – hari restaurant

3.      Waiter / Waitress. Tugas dan tanggung jawabnya :

a.       Bertanggung jawab ke captain restaurant

b.      Taking order

c.       Mengecek perlengkapan table

 

C. FO (Front Office) Departement. Tugas dan tanggung jawabnya:

1.       Menerima tamu check in / reservasi

2.       Memberikan informasi kepada tamu

3.       Menangani tamu complain

4.       Memberi informasi mengenai status kamar kepada tamu

5.       Menjelaskan fasilitas – fasilitas hotel kepada tamu

6.       Melayani tamu yang akan check out

 

D. HK (House Keeping ) Departement

1.      Room boy /maid Tugas dan tanggung jawabnya:

a.       Menyiapkan segala sesuatu di dalam kamar sebelum tamu check in

b.      Melaporkan kerusakan - kerusakan kamar

c.       Menjaga kebersihan kamar secara menyeluruh

d.      Mengecek status kamar

2.      Laundry Tugas dan tanggung jawabnya:

a.       Menangani cucian tamu

b.      Mencuci semua linen  

c.       Merawat dan memperbaiki kerusakan linen

 

E. Engenering Departement

Bertugas untuk menjaga dan memperbaiki segala sesuatu yang berkaitan dengan listrik

 

F. Security Departement

Bertugas Mengamankan area perusahaan dari segala gangguan baik dari luar dan dalam Hotel.

 

G. Accounting Departement (Purchashing)

a.       Membuat cash book perusahaan    

b.      Menyimpan dokumen-dokumen perusahaan

  

 

2.4 Struktur Organisasi Hotel



BAB III
PELAKSANAAN PROGRAM

 

3.1 Proses Pelaksanaan Program

Prepare for Breakfast and Lunch

a. Breakfast

Alat yang di pergunakan:

ü  B&B plate

ü  Dinner plate

ü  Dinner knife and Dinner fork

ü  Cup and souser

ü  Tea spoon

ü  Napkin

 

o   Menu Breakfast

   Indonesia breakfast → fried rice and fried noodles

   Amerikan breakfast → any style of eggs

   Untuk semua breakfast tamu mendapatkan tambahan roti dan buah segar

 

o   Step by step

1)        Di sampatti villa tamu paling banyak dilayani dengan room service saat breakfast yang artinya makanan langsung dibawakan ke kamar tamu dengan peralatan makan yang lengkap yang telah kita siapkan di kitchen yang kita bawa menggunakan nampan sebelum membawa makanan kita wajib menelpon tamu dari kitchen,

2)        Setelah sampai di depan kamar tamu seorang Waitress wajib mengetuk pintu 3 kali atau memencet bel dan mengucapkan salam/greeting,

3)        Setelah pintu dibuka waitress akan meminta ijin kepada tamu untuk menyajikan makanan tersebut,

4)        Setelah makanan disajikan di meja waitress wajib menginformasikan kepada tamu bahwa makanan tersebut telah ready dan memita izin untuk meninggalkan kamar tamu

5)        Saat tamu telah selesai sarapan seorang tamu akan menelfon ke bagian FO untuk meminta agar breakfastnya tadi di clear up atau waitress akan mengclear up sisa breakfast tersebut setelah tamu C/O.

 

b. Lunch

   Di Sampatti Villa tamu lunch biasanya akan memesan makanan room service tetapi ada juga yang lunch di area restaurant adapun set up lunch yang di laksanakan di restaurant dengan alat- alat yang dibutuhkan:

ü  Seperangkat meja dan kursi makan.

ü  Linen yaitu moulton, table cloth, napkin

ü  Silverware (peralatan dari logam seperti sendok, garpu, dan pisau)

ü  Chinaware (peralatan dari porselin seperti cangkir, piring, mangkuk, dan lain

ü  Glassware (peralatan yang terbuat dari gelas).

ü  Table accessories (salt and pepper shaker, vase of flower, table number, ashtray, sugar bowl).

            Dalam melakukan table setting seorang waiter harus mempunyai satu pedoman dalam melaksanakan tugasnya karena variasi table setting sangat banyak. Secara garis besar langkah-langkah melakukan table set-up yang digunakan sebagai pedoman dasar adalah sebagai berikut:

1)      Menyiapkan silverware dalam keadaan yang bersih dan siap untuk dipakai.

2)      Memasang moulton.

3)      Memasang taplak meja (laying cover) dapat dilihat pada bahasan memasang taplak meja.

4)      Meletakkan table accessories (flower vase, ashtray, ménage, table number). Dengan ketentuan flower vase diletakkan tepat ditengah meja makan sebagai patokan untuk meletakkan table assesories yang lainnya. Table number diletakkan menghadap pintu utama.

5)      Letakkan show plate di tengah sisi meja makan dengan jarak 2 cm dari tepi meja.

6)      Meletakkan cutlery dan silverware dimulai dari dinner knife dan dinner fork. Dinner knife diletakkan dibagian sisi kanan show plate dengan bagain mata pisau menghadap ke dalam. Jarak antara keduanya diperkirakan cukup untuk meletakkan dinner plate show plate yaitu ± 26 cm. sedangkan dinner fork diletakkan disebelah kiri show platesejajar dengan dinner knife. Kedua alat ini merupakan dasar untuk meletakkan alat yang lainnya.

7)      Letakkan silverware yang lainnya sesuai dengan jenis hidangan dan diletakkan sesuai dengan pedoman meletakkan alat silverware.

8)      Silverware jenis garpu (fork) selalu diletakkan disebelah kiri kecuali yang tidak mempunyai pasangan seperti shrimp fork, oyster fork, sea food fork (dipakai untuk hidangan appetizer).

9)      Meletakkan water goblet ± 2cm berada diatas dinner knife. Jika water goblet diikuti dengan gelas wine lainnya, pemasangannya diletakkan dibawah water goblet posisinya sejajar atau serong membentuk sudut 45º C dari tepi meja.

10)  Bread and butter plate (B&B plate) disebelah kiri garpu ± 3 cm, sedangkan butter spreader diletakkan diatas piring B&B plate.

11)  Letakkan guest napkin diatas show plate.

 

Langkah-langkah menyajikan:

1.      Saat tamu datang ucapkan salam dan persilakan duduk dan berikan napkin.

2.      Saat tamu telah siap untuk makan waitress akan membawakan menu makanan kepada tamu dan menyajikan dari sebelah kanan tamu.

3.      Ucapkan selamat makan terhadap tamu lalu tinggalkan meja agak jauh dari tamu sedikit agar saat tamu memerlukan sesuatu tambahan tidak bingung mencari dan agar tamu mudah menemukan waitress.

4.      Setelah tamu selesai makan dan bersiap meninggalkan meja ucapkan terima kasih kepada tamu dan waitress bisa melakukan clear up.

5.      Saat clear up seluruh alat-alat makan di ambil selain condiment yang ada di meja hanya alat-alat makan yang telah digunakan dan waitress akan membawa ke bagian cuci.

 

Di Sampatti Villa untuk sistem kerja yang Butler sehingga tidak hanya bagian melayani tamu dalam hadle breakfast dan lunch saya juga diajarkan di bagian kamar yaitu mengenal fasilitas yang ada di kamar dan cara merapikan kamar (Making bed)

Fasilitas kamar:

-          TV                   -  AC                           -  Waldrop

-          Mini bar          -  Bathtub                    -  Hairdryer

-          Living room    -  Brangkas                  -  Toilet papers and tissue panjang

-          Pool                 -  Ayunan pool            -  Teko/ ketel

 

Making Bed

Posisi pada housekeeping onder taker melalui telepon:

Proses making bad dengan cara:

ü  Semua linen soil yang ada di kamar di striping

ü  Matras ditarik kebelakang kemudian tebar sheet sehingga untuk menutupi matras, dan pastikan tidak ada yang spot

ü  Kemudiun tebar duve covernya sehingga permudaan duve terlihat semua  fungsinya untuk mengetahui keadaan duve

ü  Kemudian masukan iner/insert duve ke dalam duve cover

ü  Setelah terpasang buat lipat dan masukan ke samping kiri dan kanan matras

ü  Kemudian kita beralih ke belakang bed untuk membuat sodatan yang sama

ü  Setelah rapi masukan kegun jenis pilow ke dalam pilow dan siap di case pasang

ü  Setelah making bed selesai cek kembali hasil makingan kita jika ada yang kurang rapi dapat kita memperbaiki

 

3.2 Apa saja hambatan-hambatan yang ada di Sampatti Villa?

3.2.1 Hambatan Internal

ü  Kurangnya ketelitian dalam bekerja

ü  Kurangnya memahami teknik - teknik dan cara kerja yang baik di perhotelan, sehingga sering terjadi kesalahan.

ü  Pada saat bertugas menyajikan makanan, training merasa gugup dan kebingungan untuk menata makanan di depan tamu

 

3.2.2 Hambatan Ekternal

ü  Terjadinnya kemacetan luar biasa baik masuk kerja maupun pulang kerja, ini yang menjadi hambatan karena memakan banyak waktu perjalanan.

ü  Hujan lebat yang membuat banjir dan kondisi kurang baik

 

3.3 Bagaimana cara pemecahan masalah di Sampatti Villa?

ü  Jika bekerja harus lebih teliti agar mendapatkan hasil pekerjaan yang diinginkan

ü  Harus rajin bertanya kepada senior rekan kerja

ü  Harus banyak latihan dalam hal menyajikan makanan kepada tamu, karena baru pertama kali mengikuti prakerin.

 

3.4 Hasil - hasil apa saja yang dicapai di Sampatti Villa?

ü  Trainee mengerti bagaimana sulitnya mencari pekerjaan, dan pekerjaan tersebut cukup sulit dilaksanakan, banyak tantangan dan hambatan.

ü  Trainee mendapat sertifikat di bidang F&B Servis yang nantinya berguna untuk melengkapi ketentuan mengikuti ujian nasional dan berguna untuk memperoleh pekerjaan.

ü  Trainee sudah menyadari arti dari kedisiplinan dalam melakukan hal apapun karena semua itu sangat berpengaruh pada penghasilan.

 

3.5 Bagaimana hubungan dengan teman, atasan dan seluruh karyawan di Sampatti Villa?

A.    Hubungan dengan teman

·         Dapat saling bertukar pikiran

·         Dapat saling mengisi waktu luang dengan yang lainnya.

 

 

B.     Hubungan dengan atasan

  • Dapat melatih dan membina anak training untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan dalam melakukan kerja sebuah hotel.

 

C.     Hubungan dengan karyawan

  • Karyawan dapat memberikan arahan bagaimana cara bekerja yang baik dan benar di tempat kita training.
  • Karyawan dapat mengajar dan bisa membimbing peserta training dalam bekerja.

BAB IV
PENUTUP

 

4.1 Simpulan

Dengan adanya On The Job Training ini saya dapat mengetahui hal - hal yang sebelumnya belum kita ketahui dan di tempat training ini saya diajarkan untuk membuat dan mempraktekannya secara langsung dan disana saya mendapat banyak ilmu yang dapat menjadi bekal saya nantinya dan dalam memulai usaha di dunia industri maupun dunia usaha. Dan dengan demikian saya mendapatkan banyak pengalaman dan wawasan khususnya di bidang pariwisata.

 

4.2 Saran - Saran

4.2.1 Untuk Sekolah

Sebaiknya seorang siswa yang bersekolah di bidang pariwisata dan di dalam pelajaran yang mengandung ilmu pariwisata diberikan pelajaran yang lebih banyak prakteknya dibandingkan dengan pelajaran yang mengandung teori. Dengan demikian pasti akan lebih mengerti dengan pelajaran yang diberikan.

 

4.2.2 Untuk Hotel

Sebaiknya bila ada waktu - waktu luang kita harus menanyakan hal - hal yang kurang dimengerti dan menanyakan hal -hal yang belum pernah diajarkan dan harus mengajarkan pada training secara lebih khusus dan bisa mengerti tentang tehnik kerja yang baik dan benar sesuai ketentuan Hotel.

Posting Komentar untuk "Contoh Laporan Training di Sampatti Villa Seminyak"