Contoh Laporan Training di Sampatti Villa Seminyak
KATA
PENGANTAR
Puji syukur saya panjatkan kehadapan
Ida Sang Hyang Widhi Wasa karena atas berkat-Nya lah saya bisa menyelesaikan
laporan ini dengan baik.
Laporan
ini disusun dalam rangka saya mengikuti On The Job Training di SAMPATTI VILLA
selama 3 bulan. Saya mengucapkan terima kasih sebanyak-banyaknya kepada semua
staf Sampatti Villa dan saya ucapkan terima kasih kepada:
- Bapak
Kepala SMA (SLUA) Saraswati Selat
- Bapak
Samiasa selaku Kepala Program Akomodasi Perhotelan
- Bapak
Gusti Oka Wahyu sebagai Manajer Villa
- Dan
Bapak / Ibu guru yang sudah memberikan ilmu kepada saya sehingga dapat
tersusunnya laporan ini.
Selama 3 bulan saya melakukan prakerin di
Sampatti Villa Seminyak saya banyak diajarkan tentang bagaimana prosedur
menyajikan makanan (breakfast, lunch and dinner) untuk tamu. Saya dibimbing dan dibina oleh para senior
pada seksi masing-masing. Mereka sangat ramah kepada saya, saya merasa senang
saat dibimbing oleh mereka. Oleh itu
saya banyak tahu tentang cara menyajikan serta menyiapkan makanan untuk tamu.
Demikian laporan ini saya buat dan
menyadari bahwa laporan ini masih banyak kekurangan, oleh karena itu saya
mengharapkan komentar dan saran dari pembaca untuk kesempurnaan laporan ini.
Selat,
25 April 2022
Penulis
LUH XXXX XXXXXXXX
DAFTAR ISI
SAMPUL
2.2 Sarana dan
Prasarana hotel
2.3 Job Deskripsi
Masing - Masing Departement dan Seksinya
3.1 Proses
Pelaksanaan Program
3.2 Apa saja
hambatan-hambatan yang ada di Sampatti Villa?
3.3 Bagaimana cara
pemecahan masalah di Sampatti Villa?
3.4 Hasil - hasil
apa saja yang dicapai di Sampatti Villa?
3.5 Bagaimana
hubungan dengan teman, atasan dan seluruh karyawan di Sampatti Villa?
LAMPIRAN
1. Dokumentasi Kegiatan Praktek
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Di era globalisasi ini khususnya di bidang
pariwisata, terutama di bidang perhotelan yang merupakan suatu dunia industri
yang memiliki penghasilan tinggi dari tingkat hunian oleh tamu.
Untuk itu saya melakukan prakerin ke hotel
- hotel untuk menambah wawasan dan melatih keterampilan sebagai seorang pekerja
perhotelan, supaya dapat bekerja sesuai ketentuan dan prosedur kerja yang baik
dan benar yang telah ditetapkan di hotel tersebut, Oleh sebab itu, perlu
dilakukan atau dilaksanakan melalui prakerin (job training) yang menjadi dasar kita untuk melatih keterampilan
dan bakat yang kita miliki. Salah satu lembaga yang dimaksud adalah Sekolah
Menengah Kejuruan (SMK) atau Sekolah Menengah Atas (SMA) yang dapat melatih
siswa yang ahli dalam bidangnya dan nantinya dapat menjadi tenaga kerja yang
propesional dan siap pakai. Salah satunya adalah SMA (SLUA) Sarasawati Selat.
Sekolah ini asalah Sekolah Menengah Atas yang juga menyediakan bidang keahlian
Akomodasi Perotelan yang menjadikan para siswa yang lulus mampu bersaing dan
menjadi tenaga kerja yang siap pakai dalam bidang pariwisata. Untuk mewujudkan
hal itu maka dilakukan prakerin (Praktek Kerja Industri) selama tiga bulan.
SMA (SLUA) Saraswati Selat merupakan Sekolah
Menengah Atas yang menyediakan para siswa yang lulus mampu bersaing dan mejadi
tenaga kerja yang siap melanjutkan pendidikan negeri ataupun siap pakai dalam
bidang pariwisata. Untuk menjadikan siswa tenaga kerja yang terampil maka
diwujudkan melalui adanya pelatihan /training yang disebut prakerin.
1.2 Rumusan Masalah
a.
Bagaimana proses pelaksanaan program di
Sampatti Villa?
b.
Apa saja hambatan – hambatan di Sampatti
Villa?
c.
Bagaimana cara pemecahan masalah di
Sampatti Villa?
d.
Hasil - hasil apa saja yang sudah dicapai
di Sampatti Villa?
e.
Bagaimana hubungan dengan teman, atasan
dan seluruh karyawan di Sampatti villa
1.3 Tujuan
Dengan diadakannya prakerin diharapkan seorang
siswa mampu bekerja sesuai dengan prosedur dan ketentuan hotel, dan mengetahui
alat dan bahan apa saja yang digunakan di hotel dan seorang siswa diharapkan
bisa menjadi seorang pekerja hotel yang siap kerja dan sudah memenuhi ketentuan
dan prosedur hotel tersebut, dan seorang siswa yang akan melakukan prakerin
harus berpenampilan baik, rapi, ramah, sopan, disiplin dan jujur. Dan tujuan
diadakannya prakerik ini adalah untuk mempraktekan teori yang didapat di
Sekolah dan untuk melatih keterampilan yang dimiliki seorang siswa tersebut.
1.4 Manfaat
Manfaat yang dapat
kita peroleh dari prakerin ini adalah:
1.4.1 Manfaat Bagi Siswa
-
Siswa yang melakukan prakerin dapat
melatih keterampilan dan dapat menambah wawasan di dunia industri,
-
Siswa-siswi dapat mengetahui bagaimana
tata cara bekerja di Hotel yang sebenarnnya,
-
Siswa juga dapat bukti pelatihan kerja
/sertipikat dari tempat training
1.4.2 Manfaat
Bagi Sekolah
Kerjasama antara industri dan sekolah
terjalin. Berjalannya program pelatihan yang direncanakan oleh institusi.
1.4.3 Manfaat Bagi
DU/DI
Karyawan hotel merasa terbantu dan pekerjaannya akan
terasa lebih ringan.
2.1 Gambaran Umum
Sampatti Villas menawarkan taman dan teras
di Seminyak, 1,6 km dari Pantai Legian dan Pantai Double Six. Fasilitas yang
ditawarkan di akomodasi ini meliputi restoran, resepsionis 24 jam, layanan
kamar, dan Wi-Fi gratis. Hotel ini memiliki kamar 12 jumlah kamar dengan 9
kamar 1 bed room dan 3 kamar 2 bed room dengan privat pool di setiap kamar.
Unit-unitnya dilengkapi dengan AC, TV layar datar dengan saluran satelit,
kulkas, teko, shower, jubah mandi, dan meja. Kamar mandi pribadinya dilengkapi
dengan bathtub, sandal, dan pengering rambut. Setiap kamar di hotel ini
memiliki area tempat duduk. Sarapan kontinental tersedia setiap pagi di
Sampatti Villas.
Tempat-tempat menarik yang populer di
dekat akomodasi meliputi Pantai Seminyak, Jalan Oberoi, dan Made's Warung
Seminyak. Bandara terdekat adalah Bandara Internasional Ngurah Rai, 6 km dari
Sampatti Villas, dan akomodasi ini menawarkan layanan antar-jemput bandara
berbayar.
Sampatti villa di rancang untuk anda yang
ingin menikmati suasana yang nyaman dengan privasi yang sangan terjamin dan
sangat bagus digunakan untuk liburan keluarga, teman atau honeymoon. Serta
adanya pelayanan yang profesional dan tim ramah yang selalu tangan-on untuk
membantu anda, mengharapkan indulgensi dari hari pertama untuk seluruh tinggal
anda
2.2 Sarana dan Prasarana hotel
Fasilitas
terpopuler
-
Antar-jemput bandara - Spa & pusat kesehatan
-
Kamar bebas rokok - Layanan
kamar
-
Restoran - Parkir pribadi
-
Parkir gratis - Kamar keluarga
-
WiFi gratis
Sampatti Villas menawarkan akomodasi
dengan restoran, parkir pribadi gratis, taman, dan teras di Seminyak, 1,6 km
dari Pantai Legian. Akomodasi ini berjarak sekitar 2,2 km dari Ku De Ta, 2,7 km
dari Pura Petitenget, dan 3,1 km dari Potato Head Beach Club. Akomodasi ini
memiliki resepsionis 24 jam, antar-jemput bandara, layanan kamar, dan Wi-Fi
gratis. Unit-unitnya dilengkapi dengan AC, TV layar datar dengan saluran
satelit, kulkas, teko, shower, jubah mandi, dan meja. Kamar mandi pribadinya
dilengkapi dengan bathtub, sandal, dan pengering rambut. Kamar-kamar di hotel
ini memiliki area tempat duduk. Sarapan kontinental tersedia setiap pagi di
Sampatti Villas. Tempat-tempat menarik yang populer di dekat akomodasi meliputi
Pantai Double Six, Pantai Seminyak, dan Jalan Oberoi. Bandara terdekat adalah
Bandara Internasional Ngurah Rai, 6 km dari Sampatti Villas.
2.3 Job Deskripsi Masing - Masing Departement dan
Seksinya
A.
Kitchen (F&B Product)
Bertugas
menyiapkan dan menyajikan makanan dan minuman sesuai dengan orderan tamu dan
menjaga kebersihan kitchen
Seksi – seksinya adalah:
1. Executive
chef. Tugas dan tanggung jawabnya:
a. Menguasai
dapur dan menyusun menu
b. Menjaga
keseimbangan food cost dan bertanggung jawab atas staff
2. Sous
chef. Tugas dan tanggung jawabnya adalah:
a. Menjadi
contoh yang baik bagi staff
b. Menjalankan
operasional setiap bagian/ outlet yang dikepalainya
c. Menjaga
hygiene dan sanitation dalam lingkungan pekerjaan
3. Chef
de partie, Tugas dan tanggung jawabnya:
a. Menguasai
dan menjaga kwalitas food itu sendiri
b. Bekerjasama
dengan bawahan dalam hal tugas operational secara detail
4. First
cook dan second. Tugas dan tanggung jawabnya:
a. Menyiapkan
makanan untuk buffe
b. Membuat
orolesan untuk tamu ala carte
5. Cook
helper. Tugas dan tanggung jawabnya:
a. Membuat
dessert untuk buffe
b. Membuat
dessert untuk karyawan
c. Menyiapkan
coffee break
6. Steward.
Tugas dan tanggung jawabnya:
a. Bertugas
untuk membersihkan dapur dan semua peralatannya
B.
Restaurant (F&B Service)
Bertugas untuk menyiapkan dan menyajikan
makanan dan minuman kepada para tamu baik tamu di dalam hotel atau diluar hotel
1. Supervisor
Restaurant. Tugas dan tanggung jawabnya:
a. Membuat
request barang untuk keperluan tamu
b. Bisa
menyelesaikan taking order dan permasalahannya
c. Bertanggung
jawab ke F&B Coordinator
d. Membuat
schedule untuk waiter/waitress
2. Captain
Restaurant. Tugas dan tanggung jawabnya:
a. Bertanggung
jawab ke supervisor restaurant
b. Mengecek
taking order
c. Mencatat
keperluan sehari – hari restaurant
3. Waiter
/ Waitress. Tugas dan tanggung jawabnya :
a. Bertanggung
jawab ke captain restaurant
b. Taking
order
c. Mengecek
perlengkapan table
C.
FO (Front Office) Departement. Tugas dan tanggung
jawabnya:
1. Menerima
tamu check in / reservasi
2. Memberikan
informasi kepada tamu
3. Menangani
tamu complain
4. Memberi
informasi mengenai status kamar kepada tamu
5. Menjelaskan
fasilitas – fasilitas hotel kepada tamu
6. Melayani
tamu yang akan check out
D.
HK (House Keeping ) Departement
1. Room
boy /maid Tugas dan tanggung jawabnya:
a. Menyiapkan
segala sesuatu di dalam kamar sebelum tamu check in
b. Melaporkan
kerusakan - kerusakan kamar
c. Menjaga
kebersihan kamar secara menyeluruh
d. Mengecek
status kamar
2. Laundry
Tugas dan tanggung jawabnya:
a. Menangani
cucian tamu
b. Mencuci
semua linen
c. Merawat
dan memperbaiki kerusakan linen
E.
Engenering Departement
Bertugas
untuk menjaga dan memperbaiki segala sesuatu yang berkaitan dengan listrik
F.
Security Departement
Bertugas
Mengamankan area perusahaan dari segala gangguan baik dari luar dan dalam
Hotel.
G.
Accounting Departement (Purchashing)
a. Membuat
cash book perusahaan
b. Menyimpan
dokumen-dokumen perusahaan
3.1 Proses Pelaksanaan Program
Prepare for
Breakfast and Lunch
a.
Breakfast
Alat yang di pergunakan:
ü B&B
plate
ü Dinner
plate
ü Dinner
knife and Dinner fork
ü Cup
and souser
ü Tea
spoon
ü Napkin
o
Menu Breakfast
Indonesia
breakfast → fried rice and fried noodles
Amerikan
breakfast → any style of eggs
Untuk semua breakfast tamu mendapatkan tambahan roti dan buah segar
o
Step by step
1)
Di sampatti villa tamu paling banyak
dilayani dengan room service saat breakfast yang artinya makanan langsung
dibawakan ke kamar tamu dengan peralatan makan yang lengkap yang telah kita
siapkan di kitchen yang kita bawa menggunakan nampan sebelum membawa makanan
kita wajib menelpon tamu dari kitchen,
2)
Setelah sampai di depan kamar tamu seorang
Waitress wajib mengetuk pintu 3 kali atau memencet bel dan mengucapkan
salam/greeting,
3)
Setelah pintu dibuka waitress akan meminta
ijin kepada tamu untuk menyajikan makanan tersebut,
4)
Setelah makanan disajikan di meja waitress
wajib menginformasikan kepada tamu bahwa makanan tersebut telah ready dan
memita izin untuk meninggalkan kamar tamu
5)
Saat tamu telah selesai sarapan seorang
tamu akan menelfon ke bagian FO untuk meminta agar breakfastnya tadi di clear
up atau waitress akan mengclear up sisa breakfast tersebut setelah tamu C/O.
b.
Lunch
Di Sampatti Villa tamu lunch biasanya akan memesan makanan room service
tetapi ada juga yang lunch di area restaurant adapun set up lunch yang di
laksanakan di restaurant dengan alat- alat yang dibutuhkan:
ü Seperangkat
meja dan kursi makan.
ü Linen
yaitu moulton, table cloth, napkin
ü Silverware
(peralatan dari logam seperti sendok, garpu, dan pisau)
ü Chinaware
(peralatan dari porselin seperti cangkir, piring, mangkuk, dan lain
ü Glassware
(peralatan yang terbuat dari gelas).
ü Table
accessories (salt and pepper shaker, vase of flower, table number, ashtray, sugar
bowl).
Dalam melakukan table setting
seorang waiter harus mempunyai satu pedoman dalam melaksanakan tugasnya karena
variasi table setting sangat banyak. Secara garis besar langkah-langkah
melakukan table set-up yang digunakan sebagai pedoman dasar adalah sebagai
berikut:
1) Menyiapkan
silverware dalam keadaan yang bersih dan siap untuk dipakai.
2) Memasang
moulton.
3) Memasang
taplak meja (laying cover) dapat dilihat pada bahasan memasang taplak meja.
4) Meletakkan
table accessories (flower vase, ashtray, ménage, table number). Dengan
ketentuan flower vase diletakkan tepat ditengah meja makan sebagai patokan
untuk meletakkan table assesories yang lainnya. Table number diletakkan
menghadap pintu utama.
5) Letakkan
show plate di tengah sisi meja makan dengan jarak 2 cm dari tepi meja.
6) Meletakkan
cutlery dan silverware dimulai dari dinner knife dan dinner fork. Dinner knife
diletakkan dibagian sisi kanan show plate dengan bagain mata pisau menghadap ke
dalam. Jarak antara keduanya diperkirakan cukup untuk meletakkan dinner plate
show plate yaitu ± 26 cm. sedangkan dinner fork diletakkan disebelah kiri show
platesejajar dengan dinner knife. Kedua alat ini merupakan dasar untuk
meletakkan alat yang lainnya.
7) Letakkan
silverware yang lainnya sesuai dengan jenis hidangan dan diletakkan sesuai
dengan pedoman meletakkan alat silverware.
8) Silverware
jenis garpu (fork) selalu diletakkan disebelah kiri kecuali yang tidak
mempunyai pasangan seperti shrimp fork, oyster fork, sea food fork (dipakai
untuk hidangan appetizer).
9) Meletakkan
water goblet ± 2cm berada diatas dinner knife. Jika water goblet diikuti dengan
gelas wine lainnya, pemasangannya diletakkan dibawah water goblet posisinya
sejajar atau serong membentuk sudut 45º C dari tepi meja.
10) Bread
and butter plate (B&B plate) disebelah kiri garpu ± 3 cm, sedangkan butter
spreader diletakkan diatas piring B&B plate.
11) Letakkan
guest napkin diatas show plate.
Langkah-langkah
menyajikan:
1. Saat
tamu datang ucapkan salam dan persilakan duduk dan berikan napkin.
2. Saat
tamu telah siap untuk makan waitress akan membawakan menu makanan kepada tamu
dan menyajikan dari sebelah kanan tamu.
3. Ucapkan
selamat makan terhadap tamu lalu tinggalkan meja agak jauh dari tamu sedikit agar
saat tamu memerlukan sesuatu tambahan tidak bingung mencari dan agar tamu mudah
menemukan waitress.
4. Setelah
tamu selesai makan dan bersiap meninggalkan meja ucapkan terima kasih kepada
tamu dan waitress bisa melakukan clear up.
5. Saat
clear up seluruh alat-alat makan di ambil selain condiment yang ada di meja
hanya alat-alat makan yang telah digunakan dan waitress akan membawa ke bagian
cuci.
Di
Sampatti Villa untuk sistem kerja yang Butler sehingga tidak hanya bagian
melayani tamu dalam hadle breakfast dan lunch saya juga diajarkan di bagian
kamar yaitu mengenal fasilitas yang ada di kamar dan cara merapikan kamar
(Making bed)
Fasilitas kamar:
-
TV - AC -
Waldrop
-
Mini bar -
Bathtub -
Hairdryer
-
Living room - Brangkas - Toilet papers and tissue panjang
-
Pool -
Ayunan pool - Teko/ ketel
Making
Bed
Posisi pada
housekeeping onder taker melalui telepon:
Proses making bad
dengan cara:
ü Semua
linen soil yang ada di kamar di striping
ü Matras
ditarik kebelakang kemudian tebar sheet sehingga untuk menutupi matras, dan
pastikan tidak ada yang spot
ü Kemudiun
tebar duve covernya sehingga permudaan duve terlihat semua fungsinya untuk mengetahui keadaan duve
ü Kemudian
masukan iner/insert duve ke dalam duve cover
ü Setelah
terpasang buat lipat dan masukan ke samping kiri dan kanan matras
ü Kemudian
kita beralih ke belakang bed untuk membuat sodatan yang sama
ü Setelah
rapi masukan kegun jenis pilow ke dalam pilow dan siap di case pasang
ü Setelah
making bed selesai cek kembali hasil makingan kita jika ada yang kurang rapi
dapat kita memperbaiki
3.2 Apa saja hambatan-hambatan yang ada di Sampatti
Villa?
3.2.1 Hambatan Internal
ü Kurangnya
ketelitian dalam bekerja
ü Kurangnya
memahami teknik - teknik dan cara kerja yang baik di perhotelan, sehingga
sering terjadi kesalahan.
ü Pada
saat bertugas menyajikan makanan, training merasa gugup dan kebingungan untuk
menata makanan di depan tamu
3.2.2 Hambatan Ekternal
ü Terjadinnya
kemacetan luar biasa baik masuk kerja maupun pulang kerja, ini yang menjadi
hambatan karena memakan banyak waktu perjalanan.
ü Hujan
lebat yang membuat banjir dan kondisi kurang baik
3.3 Bagaimana cara pemecahan masalah di Sampatti
Villa?
ü Jika
bekerja harus lebih teliti agar mendapatkan hasil pekerjaan yang diinginkan
ü Harus
rajin bertanya kepada senior rekan kerja
ü Harus
banyak latihan dalam hal menyajikan makanan kepada tamu, karena baru pertama
kali mengikuti prakerin.
3.4 Hasil - hasil apa saja yang dicapai di Sampatti
Villa?
ü Trainee
mengerti bagaimana sulitnya mencari pekerjaan, dan pekerjaan tersebut cukup
sulit dilaksanakan, banyak tantangan dan hambatan.
ü Trainee
mendapat sertifikat di bidang F&B Servis yang nantinya berguna untuk
melengkapi ketentuan mengikuti ujian nasional dan berguna untuk memperoleh
pekerjaan.
ü Trainee
sudah menyadari arti dari kedisiplinan dalam melakukan hal apapun karena semua
itu sangat berpengaruh pada penghasilan.
3.5 Bagaimana hubungan dengan teman, atasan dan
seluruh karyawan di Sampatti Villa?
A. Hubungan
dengan teman
·
Dapat saling bertukar pikiran
·
Dapat saling mengisi waktu luang dengan
yang lainnya.
B. Hubungan
dengan atasan
- Dapat
melatih dan membina anak training untuk meningkatkan kemampuan dan
keterampilan dalam melakukan kerja sebuah hotel.
C. Hubungan
dengan karyawan
- Karyawan
dapat memberikan arahan bagaimana cara bekerja yang baik dan benar di
tempat kita training.
- Karyawan
dapat mengajar dan bisa membimbing peserta training dalam bekerja.
BAB IV
PENUTUP
4.1 Simpulan
Dengan
adanya On The Job Training ini saya dapat mengetahui hal - hal yang sebelumnya
belum kita ketahui dan di tempat training ini saya diajarkan untuk membuat dan
mempraktekannya secara langsung dan disana saya mendapat banyak ilmu yang dapat
menjadi bekal saya nantinya dan dalam memulai usaha di dunia industri maupun
dunia usaha. Dan dengan demikian saya mendapatkan banyak pengalaman dan wawasan
khususnya di bidang pariwisata.
4.2 Saran - Saran
4.2.1 Untuk Sekolah
Sebaiknya seorang siswa yang bersekolah di
bidang pariwisata dan di dalam pelajaran yang mengandung ilmu pariwisata
diberikan pelajaran yang lebih banyak prakteknya dibandingkan dengan pelajaran
yang mengandung teori. Dengan demikian pasti akan lebih mengerti dengan
pelajaran yang diberikan.
Posting Komentar untuk "Contoh Laporan Training di Sampatti Villa Seminyak"