Contoh Laporan Training di Hotel Grand Hyatt Bali
GAMBARAN
UMUM PERUSAHAAN
GRAND
HYATT BALI
1.
Sejarah
Berdirinya Hotel
Sejarah berdirinya Grand Hyatt Bali di awali dari berdirinya Hyatt House yang di buat oleh Hyatt
Van Dhen. Hyatt House adalah
perhotelan multinasional terbesar di Los
Angeles. Setelah itu pada tahun 1957 seorang bangsawan Amerika yang bernama
“Jay Pritzker” membeli Hyatt House dan menggantinya dengan nama
Hyatt Corporation. Perusahaan ini
memiliki, mengoperasikan dan membuka kurang lebih 435 hotel di seluruh dunia,
dari menangani anggaran dan ekonomi penginapan hingga akomodasi mewah di daerah
pariwisata. Jay Pritzker adalah pendiri Hyatt
Corporation. Dan Grand Hyatt Bali
merupakan salah satu hotel yang berdiri di bawah management dari Hyatt Corporation. Dimana sebelumnya telah berdiri Hotel Hyatt lainnya di Bali yang juga
berdiri di bawah management dari Hyatt
Corporation. Dan melihat meningkat dan pesatnya kebutuhan akomodasi
perhotelan di Bali, didirikanlah Grand
Hyatt Bali yang didirikan pada tanggal 10 Juli
1991. Dengan desain yang modern dan memiliki unsur Balinese dengan jumlah 636 kamar yang dibagi menjadi 4 village yaitu; North Village,
East Village, South Village, West Village
dan juga memiliki
villa yaitu; Villa Beratan dan Belibis yang terletak di East Village, serta Villa Tamlingan yang
terletak di South Village. Grand Hyatt
Bali memiliki banyak kolam buatan di
masing-masing Village untuk
memperindah view di setiap Village sesuai dengan konsep yang
diambil yaitu Tirta Gangga. Family Brand of Hyatt ada 18 Family Brand yaitu; Park Hyatt, Miraval, Grand Hyatt, Hyatt Regency, Hyatt, Hyatt Ziva,
Hyatt Zilara, Hyatt Place, Hyatt House, Hyatt Recidence Club, Andas, Alila,
Thompson, Hyatt Centric, Exhale Spa & Fitness, The Unbound Collection, Destination,
Joie De Vivre. Grand
Hyatt Bali mampu menjadi hotel yang berkelas dan memberikan
manfaat positif bagi kemajuan pariwisata
Bali.
2.
Kepemilikan
Grand Hyatt Bali
Lokasi : Grand Hyatt Bali berlokasi di Kawasan Wisata Nusa Dua BTDC, Nusa Dua,
Bali, Indonesia 80363. Berlokasi sangat strategis dimana bila
menuju Pantai Mengiat dapat di tempuh dengan waktu 10 menit dan 30 menit menuju
Bandara Ngurah Rai menggunakan mobil. Hal ini disebabkan karena lokasi dari Grand Hyatt Bali terletak di kawasan
ITDC yang sangat strategis. Di buka 10 Juli 1991. Ownersh: PT.WYNCOR BALI. Management hotel ini di bawah management Hyatt Corporation.
3.
Fasilitas
Grand Hyatt Bali
a)
Room
1. Jenis
Kamar
Grand Hyatt Bali
terdiri dari 636 kamar dengan desain modern yang terdiri dari:
a. Classic Garden King
dengan total kamar sebanyak 38 kamar.
b. Classic Garden Twin
dengan total kamar sebanyak 37 kamar.
c. Grand King
dengan total kamar sebanyak 164 kamar.
d. Grand Twin
dengan total kamar sebanyak 171 kamar.
e. Grand Ocean King
dengan total kamar sebanyak 19 kamar.
f. Grand Ocean Twin
dengan total kamar sebanyak 27 kamar.
g. Club King
dengan total kamar sebanyak 20 kamar.
h. Club Twin
dengan total kamar sebanyak 30 kamar.
i.
Club
Deluxe King dengan total kamar sebanyak 27 kamar.
j.
Club
Deluxe Twin dengan total kamar sebanyak 8 kamar.
k. Club Deluxe Ocean King
dengan total kamar sebanyak 16 kamar.
l.
Club
Deluxe Ocean Twin dengan total kamar sebanyak 10 kamar.
m. Cabana Suite
dengan total kamar sebanyak 2 kamar.
n. Grand Executive Suite Twin
dengan total kamar sebanyak 1 kamar.
o. Special Suite
dengan total kamar sebanyak 3 kamar.
p. Presidential Suite
dengan total kamar sebanyak 2 kamar.
q. Beratan Villa
dengan total kamar sebanyak 1 kamar.
r.
Tamblingan
Villa dengan total kamar sebanyak 1 kamar.
s. Belibis Villa
dengan total kamar sebanyak 1 kamar.
2. Fasilitas
Kamar :
a. Ruangan
kamar yang besar dengan desain modern.
b. Kamar
mandi yang modern.
c. Tersedia
37” LCD TV, DVD.
d. In
room safety deposit box.
e. Internet
connection
f. Air
conditioner
g. Mini
bar cabinet.
h. Tea
and coffe maker.
i.
Refrigerator.
j.
Smoke detector di semua kamar.
b) Restaurant
and Bar
1.
Garden
Café (Medditeranean Restaurant)
Merupakan Restaurant yang terletak
di sebelah lobby yang dikelilingi
oleh taman-taman yang indah dan juga pemandangan kolam buatan yang sangant
menawan. Restaurant ini merupakan restaurant yang buka untuk Breakfast, Lunch dan Dinner. Jam buka pada restaurant ini pun di tentukan yaitu :
-
Breakfast
: 06.30 AM – 11.00 AM.
-
Lunch
: 11.00 AM – 06.00 PM.
-
Dinner
: 06.00 PM – 11.00
PM.
Garden Café dapat
menampung kapsitas 145 seat dan dilengkapi dengan fasilitas Air Conditioner dan Private Room. Restaurant ini
merupakan Restaurant Internasional
yang menyediakan makanan internasional.
2.
Nampu
(Japanese Restaurant)
Nampu
adalah
restaurant dengan arsitektur bergaya
Jepang dan melayani berbagai masakan Jepang yang terletak didepan Garden Café Restaurant dan hanya dibuka
untuk Dinner dari jam 06.00 PM – 11.00
PM dengan variasi makan malam khas Jepang
yang dapat dinikmati dibeberapa ruangan seperti ruang teppayakki dengan kapasitas 37 seat,
dinning room yang menyediakan sushi, sashimi, yakitori dan tempura yang kapasitasnya 88 seat serta menyediakan private room, tatami dengan kapasitas 26
seat.
3.
Pasar
Senggol (Balinese Restaurant)
Pasar Senggol adalah restaurant yang melayani makanan khas
Bali, BBQ dan makanan Indonesia. Restaurant
ini hanya dibuka untuk dinner dari
jam 06.30
PM – 10.00
PM dengan sistem buffet dinner. Pasar Senggol setiap malamnya menyajikan pertunjukan
atraksi tari-tarian khas Bali yang ditampilkan dari jam 07.30
PM – 08.30 PM. Pasar Senggol berada di luar ruangan, sehingga menambah daya tarik
dari para pengunjung.
Tarian
yang ditmpilkan setiap harinya selalu berganti yaitu:
a) Sunday
: Balinese Dance Parade
b) Monday :
Barong Dance
c) Tuesday : Ramayana Dance
d) Wednesday : Kecak Dance
e) Thursday : Legong Dance
f) Friday : Jegog Dance
g) Saturday
: Kecak Dance
4.
Salsa
Verde (Italian Restaurant)
Salsa
Verde merupakan restaurant
yang buka untuk breakfast, lunch dan
dinner. Restaurant ini merupakan Restaurant
Itali yang menyediakan jenis makanan ala Italia antara lain: sea food, pizzas, pastas, dan makanan
Italia lainnya. Salasa Verde
mempunyai pemanandangan langsung dengan pantai yang dapat memanjakan mata. Jam buka pada Restaurant Salsa Verde ini pun ditentukan yaitu :
-
Breakfast
: 07.00 AM –
11.00 AM
-
Lunch : 12.00 PM – 06.00
PM
-
Dinner
:
06.00 PM – 11.00
PM
5.
Watercourt
(Asia Restaurant)
Watercourt
merupakan restaurant
yang memiliki arsitektur khas Bali dengan kolam buatan di sekeliling restaurant. Restaurant yang berlokasi di area West Village hanya dibuka untuk breakfast
saja dari jam 06.30 AM
– 10.30 AM
serta melayani lunch untuk pelayanan
yang bersifat pribadi atau group. Kapasitas Watercourt
adalah 129 seat yang terdiri dari 69 seat
in door, 10 seat papiliun dan 50 seat
out door.
6.
Veranda
Lounge and Bar
Veranda
Lounge and Bar merupakan main bar yang terletak di dekat lobby
dengan pemandangan laut yang akan memanjakan tamu. Veranda Lounge and Bar memiliki kapasitas 111 seat.
Open Daily 10.00 AM – 12.00 Midnight
Morning Menu: 10.00 AM – 02.00 PM
Afternoon Tea: 02.00 PM – 05.00 PM
Evening Menu: 05.00 PM - Midnight
7.
Pool
Bar
Pool
Bar terletak
diantara river pool dan lagoon pool serta berdekatan dengan salsa verde restaurant. Selain melayani berbagai jenis minuman pool
bar juga menyediakan pilihan menu dari appetizer,
main course (pizza, spaghetti dan sandwich)
dan dessert. Pool Bar dibuka jam 09.00 AM
– 07.00
PM yang melayani tamu-tamu yang berada di
area pool maupun area pantai.
8. Salsa Bar
Salsa
Bar merupakan
salah satu bar yang ada di Grand Hyatt
Bali. Bar ini terletak diatas Salsa
Verde Restaurant yang merupakan Italia
Restaurant. Salsa Bar menghidangkan berbagai macam minuman alcoholic maupun non alcoholic beverage. Selain itu Salsa Bar juga menghidangkan berbagai jenis pizza. Salsa Bar buka
dari jam 05.00 PM
– 11.00 PM.
c) Fasilitas
Penunjang
1.
Room
Service
Room
Service adalah pelayanan makanan dan minuman di kamar –
kamar tamu. Room Service beroperasi
selama 24 jam yang menyediakan berbagai macam makanan mulai dari breakfast, lunch, dinner dan supper.
2.
Tennis
Court
Grand
Hyatt Bali memiliki 3 lapangan tennis yang memerlukan
pemesanan dalam penggunaannya. Ketiga lapangan ini terletak di luar ruangan.
3.
The
Bay Club
The
Bay Club adalah fitness
center yang lengkap di Grand Hyatt
Bali yang dilengkapi dengan gym,
aerobic room, 2 of squash room, kamar mandi dengan pusaran air, ruang
pemanas atau sauna.
4.
Swimming
Pool
Grand
Hyatt Bali memiliki 5 kolam renang yang dibuka
mulai jam 08.00-19.00 wita. Antara lain :
-
Main
Pool
-
River
Pool
-
Balinese
Feature Pool
-
Grand
Club Pool
-
Bay Club Pool
5.
Water
Sport
Menyediakan berbagai rekreasi
aktivitas ai seperti : snorkling, wind
surfing, paddle canoes, boogie boards, parasailing dan scuba diving.
6.
Kriya
Spa
Kriya
Spa merupakan
tempat yang sangat indah yang dikelilingi dengan hamparan kolam buatan. Tempat
ini menawarkan kepada tamu untuk menikmati fasilitas yang sangat mewah dan
pelayanan yang sangat memuaskan. Kriya
Spa menawarkan berbagai macam Authentic
Treatment dan menyediakan 24 exotis
spa villa yang mewah
dan 1 Relax Lounge.
7.
Kids
Club
Kids
Club merupakan suatu pusat aktivitas untuk anak-anak atau
juga digunakan sebagai tempat penitipan anak yang menyediakan program dan
aktivitas yang berbeda setia harinya. Sebelum menitipkan anaknya para tamu atau
para ibu, harus melakukan registrasi di business
center terlebih dahulu. Anak yang bias di titpkan di tempat ini yaitu anak
yang berumur 3-13 tahun dan juga bias didampingi oleh baby sister sendiri.
8.
Lapangan
Golf
Lapangan
Golf yang memiliki 18 lubang terletak di area ITDC, ini
merupakan kerja sama antara pihak Grabd
Hyatt Bali dengan pengelola lapangan
golf tersebut. Bagi para tamu yang ingin menggunakan fasilitas ini bisa
memesan terlebih dahulu di concierge atau business center.
9.
In House
Clinic
In house
clinic di Grand Hyatt
Bali beroperasi 24 jam
dan juga melayani emergency call.
10. Beauty Salon
by Kriya Spa
Beauty
Salon merupakan tempat yang cocok bagi para tamu untuk
memanjakan diri dan mempercantik diri.
11. Laundry Service
Hotel juga menyediakan fasilitas laundry yang disediakan kepada tamu.
6. Tugas dan Tanggung Jawab
Masing-Masing Jabatan House Keeping Departement
A. House Keeping Manager
a)
Melakukan
rekrutmen karyawan, mewawancara, melatih serta mengawasi serta melakukan
penilaian, evaluasi atau teguran terhadap karyawan secara berkala.
b)
Menyiapkan
job description dan standard operating procedure House Keeping.
c)
Memberi
penugasan dan arahan terhadap tugas-tugas yang harus dilakukan karyawan di
bagian House Keeping.
d)
Membantu
Room Division Manager dan General Manager terhadap program
perawatan atau perbaikan yang bersangkutan dengan area tanggung jawab House Keeping, terutama di kamar tamu
dan public area.
e)
Melakukan
pengontrolan, permintaan barang atau pembelian barang-barang yang diperlukan
dalam operasional sehari-hari di House
Keeping, seperti guest supplies,
guest room supplies, linen dan sebagainya agar sesuai dengan par stock yang ditentukan.
f)
Melakukan
program pengadaan dan pembelian FF&E (furniture,
fixture, & equitment) baik untuk House
Keeping ataupun laundry sesuai
dengan spesifikasi yang dibutuhkan.
g)
Melakukan
pengawasan pengadaan barang dan pembelian peralatan yang disediakan untuk
operasional sehingga berfungsi sesuai dengan standar yang ditentukan, baik di House Keeping maupun di laundry.
h)
Melakukan
pemeriksaan secara rutin terhadap proses pelaksanaan pencucian laundry, baik untuk house laundry maupun untuk guest
laundry.
i)
Melakukan
pengawasan terhadap lost and found.
j)
Membuat
program pelatihan (training program)
terhadap seluruh karyawan.
B. Asst. House Keeping Manager
Membantu Executive
Housekeeper dalam mengelola dan mengawasi semua operasional harian House Keeping dan memberi dukungan
berupa pelatihan, coaching dan
konseling kepada semua staff House
Keeping demi mencapai tujuan bersama.
a)
Bertanggung
jawab terhadap operasional sehari-hari atau melakukan penyelesaian masalah yang
terjadi. Apabila melakukan perubahan dalam mengambil keputusan harus
dikonsultasikan terlebih dahulu dengan House
Keeping Manager.
b)
Memberikan
penugasan dan arahan terhadap tugas-tugas yang harus dijalankan oleh karyawan
di House Keeping serta meyakinkan bahwa pelaksanaan kerja
dijalankan sesuai dengan standar yang ditentukan.
c)
Menyusun
jadwal kerja yang disesuaikan dengan kondisi dan situasi yang berpengaruh pada ocupancy (tingkat hunian kamar).
d)
Membantu
House Keeping Manager terhadap penyusunan program perawatan dan
perbaikan yang bersangkutan dengan area tanggung jawab House Keeping, terutama di kamar tamu dan public area.
e)
Melakukan
pengontrolan persediaan atas barang yang diperlukan dalam pengoperasian
sehari-hari di House Keeping, guest room
supplies, linen dan sebagainya agar sesuai dengan per stock yang ditentukan, dan memberikan laporan terhadap Executive Housekeeper apabila kondisi
memerlukan penggantian atau penambahan stock
baru.
f)
Melakukan
pengawasan terhadap penggunaan peralatan yang disediakan untuk operasional di House Keeping sehingga berfungsi sesuai
standar yang ditentukan.
g)
Melakukan
pemeriksaan secara rutin terhadap proses pelaksanaan perawatan dan penyimpanan linen/uniform.
h)
Melakukan
pengawasan terhadap lost and found
dan meyakinkan bahwa prosedur berjalan sesuai dengan yang telah ditentukan.
i)
Membuat
program pelatihan (training program)
terhadap seluruh karyawan House Keeping
secara rutin.
j)
Menjalankan
tugas yang diberikan House Keeping
Manager.
C. Laundry Manager
a)
Bertanggung
jawab terhadap operasional sehari-hari serta melakukan penyelesaian masalah
yang terjadi di Laundry Section.
b)
Menyusun
jadwal kerja.
c)
Melakukan
pengawasan dan pengontrolan terhadap semua cucian yang dikirim baik itu cucian
milik hotel maupun tamu.
d)
Mengontrol
pemakaian alat-alat dan bahan pembersih.
e)
Menyelesaikan
masalah yang timbul di Laundry.
f)
Mengajukan
permohonan pembelian alat, bahan pembersih, kepada House Keeping Manager.
g)
Membuat
Laporan Maintenance Request untuk Engineering menindak lanjuti, mengawasi
dan memeriksa kembali.
h)
Berkomunikasi
terus menerus dengan Order Taker
tentang perubahan dan updating status
kamar.
i)
Menerima
dan memeriksa laporan Room Attendant.
j)
Melakukan
brefing setiap hari dan menjalankan
prosedur keamanan dan keselamatan kerja.
D. Asst. Manager of Room
Membantu House
Keeping Manager dalam mengatur dan mengawasi kelancaran kerja staff yang berada pada Departement House Keeping.
a)
Bertanggung
jawab atas kebersihan kamar sesuai dengan standard
dan prosedur yang telah ditentukan.
b)
Bertanggung
jawab terhadap satu village.
c)
Memberikan
test praktek kepada HK Trainee.
d)
Mengecek
kamar yang sudah dibersihkan room
attendant dan mengganti status IP
atau siap untuk dijual.
e)
Memberikan
penugasan dan arahan terhadap tugas-tugas yang harus dikerjakan oleh karyawan
di corridor attendant serta
meyakinkan bahwa pelaksanaan kerja sesuai dengan standar yang ditentukan.
f)
Memberikan
pengarahan dan bimbingan kepada Room
Attendant dan Order Taker terhadap
cara-cara yang sistematis dan efisien.
g)
Memeriksa
daftar kehadiran Room Attendant dan Order Taker setiap saat.
h)
Memeriksa
kondisi kamar dan melaporkan status kamar sesuai dengan pemeriksaan yang ada,
pemeriksaan kamar harus berdasarkan atas kebersihan, kerapihan, kelengkapan,
dan fungsi dari peralatan kamar.
i)
Memeriksa
secara teliti atas kamar-kamar yang akan digunakan hari itu berdasarkan Expected Arrival oleh Front Office.
j)
Memeriksa
kerapihan, kebersihan, dan kelengkapan peralatan keperluan Floor Section seperti Trolley,
Linen, Amenities, Cleaning Supplies, Cleaning Agent, dan Cleaning Equipment baik di Floor Station atau Pantry, maupun di Trolley
yang disediakan di setiap lantai.
k)
Menjalankan
prosedur keamanan, keselamatan, higienis,
dan sanitasi baik untuk kepentingan tamu, orang lain dan diri sendiri.
l)
Menjalankan
tugas yang diberikan oleh House Keeping
Manager/Assistant.
m)
Melaporkan
isi mini bar yang dikonsumsi oleh
tamu.
E. Team Leader of Room
Membantu House
Keeping Manager dalam mengatur dan mengawasi kelancaran kerja staff yang berada pada Department House Keeping.
a)
Bertanggung
jawab atas kebersihan kamar sesuai dengan standard
dan prosedur yang telah ditentukan.
b)
Bertanggung
jawab terhadap satu section yang terdiri dari beberapa Room Atendant.
c)
Memberikan
test praktek kepada HK Trainee.
d)
Mengecek
kamar yang sudah dibersihkan Room
Atendant dan mengganti status IP atau
siap untuk dijual.
e)
Memberikan
penugasan dan arahan terhadap tugas-tugas yang harus dikerjakan oleh karyawan
di Corridor Attendant serta
meyakinkan bahwa pelaksanaan kerja sesuai dengan standar yang ditentukan.
f)
Memberikan
pengarahan dan bimbingan kepada Room
Attendant dan Order Taker terhadap
cara-cara yang sistematis dan efisien.
g)
Memeriksa
daftar kehadiran Room Attendant dan Order Taker setiap saat.
h)
Memeriksa
kondisi kamar dan melaporkan status kamar sesuai dengan pemeriksaan yang ada,
pemeriksaan kamar harus berdasarkan atas kebersihan, kerapihan, kelengkapan,
dan fungsi dari peralatan kamar.
i)
Memeriksa
secara teliti atas kamar-kamar yang akan digunakan hari itu berdasarkan Expected Arrival oleh Front Office.
j)
Memeriksa
kerapihan, kebersihan, dan kelengkapan peralatan keperluan Floor Section seperti Trolley,
Linen, Amenities, Cleaning Supplies, Cleaning Agent, dan Cleaning Equpment baik di Floor Station atau Pantry, maupun di Trolley yang
disediakan di setiap lantai.
k)
Menjalankan
prosedur keamanan, keselamatan, higienis,
dan sanitasi baik untuk kepentingan tamu, orang lain dan diri sendiri.
l)
Menjalankan
tugas yang diberikan oleh House Keeping
Manager/Assistant.
m)
Melaporkan
isi mini bar yang dikonsumsi oleh
tamu.
F. Room Attendant
a)
Menerima
penugasan dan pengarahan dari Team
Leader.
b)
Melakukan
handling over dari room attendant night shift, morning shift dan
evening shift.
c)
Menyiapkan
trolley dengan peralatan kerja, guest supplies, cleaning supplies dan linen untuk setiap floor station (dilakukan room
attendant night shift).
d)
Memeriksa
status kamar sesuai dengan EA di area yang ditugaskan, kondisi dan melaporkan
status kamar sesuai dengan hasil pemeriksaan.
e)
Melaporkan
pada Floor Supervisor jika terjadi
perbedaan status kamar.
f)
Membersihkan
kamar sesuai dengan SOP.
g)
Melakukan
turndown service dan membersihkan
kamar yang late check-out.
h)
Membuat
room attendant report dan
mengembalikan kunci pada saat akhir penugasan.
i)
Melaporkan
kepada Team Leader/Order Taker jika
ada barang tamu yang tertinggal.
j)
Menjaga
penggunaan dan pemakaian atas biaya yang dikeluarkan untuk penggunaan guest supplies dan cleaning supplies.
G. Asst. Manager of PA
a)
Bertanggung
jawab terhadap kebersihan public area
sesuai dengan standard dan prosedur
yang ditentukan.
b)
Membuat
jadwal kerja semua PA Attendant beserta
Team Leader.
c)
Menghitung
pengeluaran dan pemasukan PA.
d)
Memberikan
penugasan dan arahan terhadap tugas-tugas yang harus dijalankan oleh Public Area Attendant, serta meyakinkan
bahwa pelaksanaan kerja dijalankan sesuai dengan standard yang ditentukan.
e)
Melakukan
handing over dengan shift sebelumnya pada saat akan memulai
kerja, dan handing over dengan shift berikutnya pada saat akan
menyelesaikan tugas dan mendelegasikan tugas-tugas yang harus dilanjutkan
kepada shift berikutnya dengan jelas.
f)
Memeriksa
daftar kehadiran Staff Public Area
setiap hari.
g)
Memeriksa
kondisi area umum secara teliti. Pemeriksaan kamar harus berdasarkan
kebersihan, kerapihan, kelengkapan dan fungsi dari peralatan atau fasilitas
yang ada di area masing-masing.
h)
Memeriksa
secara teliti atas ruangan-ruangan restaurant,
bar, ruang rapat dan sebagainya yang telah dikerjakan oleh staff pada hari itu.
i)
Melengkapi
laporan dalam Public Area Supervisor Log
Book setiap shift.
j)
Membuat
laporan Maintenance Request kepada Engineering dan menindaklanjuti
area-area, fasilitas atau peralatan memiliki kerusakan, mengawasi pengerjaan
dan memeriksa kembali hasil pengerjaannya.
k)
Memeriksa
kebersihan, kerapihan, dan kelengkapan peralatan keperluan seperti janitor trolley, cleaning supplies, cleaning
agent, dan cleaning equipment
baik di area maupun di janitor room atau
pantry.
l)
Bertanggung
jawab terhadap biaya dan penggunaan barang-barang keperluan seperti cleaning agent, supplies, dan equipment.
m)
Membuat
program pelatihan (training program)
terhadap Staff Public Area secara
rutin.
n)
Mengawasi
pelaksanaan program pemeliharaan atau pembersihan secara berkala, seperti kristalisasi atau re-coating lantai marmer,
pencucian lantai karpet, pembersihan kaca jendela, general cleaning dan sebagainya.
o)
Melakukan
pemeriksaan atau inspeksi area secara rutin untuk meyakinkan kualitas
pemeliharaan kebersihan Public Area
terjaga baik sesuai dengan standard yang
ditentukan.
p)
Melakukan
pengawasan terhadap pelaksanaan tugas yang diberikan oleh House Keeping Manager serta melaporkan hasilnya.
q)
Melakukan
kerjasama yang erat baik dengan semua bagian, seperti Floor, Linen/Uniform dan Laundry,
serta dengan Department lain,
terutama Front Office dan Engineering untuk meyakinkan koordinasi
atas pelayanan kamar yang prima serta perawatan kamar dan public area yang terbaik.
r)
Mengadakan
briefing rutin setiap hari, baik pagi
hari atau handing over sore hari, dan
pertemuan berkala, baik mingguan atau bulanan dengan Staff Public Area untuk melakukan koordinasi operasional serta saling
bertukar pikiran (sharing idea) untuk
meningkatkan dan memperbaiki kualitas pekerjaan dan pelayanan.
s)
Menjalankan
prosedur keamanan, keselamatan, higienis, dan sanitasi baik untuk kepentingan
tamu, orang lain, dan diri sendiri.
H. Team Leader of PA
Bertanggung jawab terhadap kebersihan, kerapihan, dan
pemeliharaan Public Area, seperti Lobby, F&B Outlet, Meeting Room,
Offices, Parking Area, Public Toilet dan sebagainya, dan pelaksanaan kerja Public Area dalam menjalankan pelayanan House Keeping yang nyaman dan
menyenangkan terhadap tamu, sesuai dengan standard
dan prosedur yang ditentukan, uraian tugas Public
Area Supervisor adalah sebagai berikut:
a)
Bertanggung
jawab terhadap kebersihan public area
sesuai dengan standard dan prosedur
yang ditentukan.
b)
Memberikan
penugasan dan arahan terhadap tugas-tugas yang harus dijalankan oleh Public Area Attendant, serta meyakinkan
bahwa pelaksanaan kerja dijalankan sesuai dengan standard yang ditentukan.
c)
Melakukan
handling over dengan shift sebelumnya pada saat akan memulai
kerja, dan handling over dengan shift berikutnya pada saat akan
menyelesaikan tugas dan mendelegasikan tugas-tugas yang harus dilanjutkan
kepada shift berikutnya dengan jelas.
d)
Memeriksa
daftar kehadiran Staff Public Area
setiap hari.
e)
Memeriksa
kondisi area umum secara teliti. Pemeriksaan kamar harus berdasarkan
kebersihan, kerapihan, kelengkapan dan fungsi dari peralatan atau fasilitas
yang ada di area masing-masing.
f)
Memeriksa
secara teliti atas ruangan-ruangan restoran, bar, ruang rapat dan sebagainya
yang telah dikerjakan oleh Staff pada
hari itu.
g)
Melengkapi
laporan dalam Public Area Team Leader Log
Book setiap shift.
h)
Membuat
laporan Maintenance Request kepada Engineering dan menindaklanjuti
area-area, fasilitas atau peralatan memiliki kerusakan, mengawasi pengerjaan
dan memeriksa kembali hasil pengerjaannya.
i)
Memeriksa
kebersihan, kerapihan, dan kelengkapan peralatan keperluan seperti janitor trolley, cleaning supplies, cleaning
agents dan cleaning equipment
baik di area maupun di janitor room atau
pantry.
j)
Bertanggung
jawab terhadap biaya dan penggunaan barang-barang keperluan seperti cleaning agents, supplies dan equipment.
k)
Membuat
program pelatihan (training program)
terhadap Public Area Attendant secara
rutin.
l)
Mengawasi
pelaksanaan program pemeliharaan atau pembersihan secara berkala, seperti kristalisasi atau re-coating lantai marmer, pencucian lantai karpet, pembersihan kaca
jendela, general cleaning dan
sebagainya.
m)
Melakukan
pemeriksaan atau inspeksi area secara rutin untuk meyakinkan kualitas
pemeliharaan kebersihan public area terjaga
baik sesuai dengan standard yang
ditentukan.
n)
Melakukan
pengawasan terhadap pelaksanaan tugas yang diberikan oleh Assistant Manager of Public Area serta melaporkan hasilnya.
o)
Melakukan
kerjasama yang erat dan baik dengan semua bagian seperti, Corridor, Linen/Uniform, dan Laundry,
serta dengan Department lain,
terutama Front Office dan Engineering untuk meyakinkan koordinasi
atas pelayanan kamar yang prima serta perawatan kamar dan public area yang terbaik.
p)
Mengadakan
briefing rutin setiap hari, baik pagi
hari atau handling over sore hari,
dan pertemuan berkala, baik mingguan atau bulanan dengan Public Area Attendant untuk melakukan koordinasi operasional serta
saling bertukar pikiran (sharing idea)
untuk meningkatkan dan memperbaiki kualitas pekerjaan dan pelayanan.
q)
Menjalankan
prosedur keamanan, keselamatan, higienis, dan sanitasi baik untuk kepentingan
tamu, orang lain, dan diri sendiri.
r)
Menjalankan
tugas yang diberikan oleh Assistant
Manager of Public Area.
I. PA Attendant
a)
Melakukan
handling over dengan shift morning, evening and night cleaner
pada saat menyelesaikan tugas.
b)
Membersihkan
standing ashtray di area lobby dan area umum lainnya.
c)
Melakukan
dusting di tangga, furniture, public area.
d)
Membersihkan
sampah lantai dengan sweeping dan mopping, kaca dan jendela di lobby, toilet dan area umum lainnya.
e)
Membersihkan
restaurant atau F&B Outlet setelah makan pagi, siang dan malam.
f)
Membersihkan
back office, setelah office hour dan locker room, corridor dan parking
area.
g)
Membantu
membuang sampah dan linen kotor dari room attendant trolley.
h)
Menjaga
kondisi meeting room, ruang banquet dalam keadaan rapi dan bersih.
i)
Mengikuti
briefing setiap hari.
J. Asst. Manager of Linen
Adalah orang yang mengatur pengadaan barang atau alat dan
mengatur budgeting seksi linen.
K. Team Leader of Linen
Adalah orang yang mengontrol atau mengecek kinerja linen attendant dan juga menentukan
barang yang harus diganti, diperbaiki, dan dibuang.
L. Linen Attendant
Terdiri dari 3 kategori yaitu driver, uniform, and tailor.
a)
Driver adalah
orang yang mengambil linen kotor di pantry untuk dikirim ke laundry dan mengirim linen bersih ke pantry-pantry.
b)
Uniform adalah
orang yang menyediakan seragam bagi karyawan yang akan bekerja.
c)
Tailor adalah
orang yang menyediakan jasa memperbaiki pakaian tamu maupun uniform/linen yang rusak.
M. Attendant of Corridor
Membersihkan corridor
dan membantu order taker bila ada
tamu yang meminta suatu barang.
N. Order taker
a)
Membuat
Work Schedule untuk Team Leader Room maupun Public Area, Office Clerk, maupun Room Attendant/Public Area Attendant.
b)
Membuat
laporan harian, mingguan, maupun bulanan atas penggunaan berbagai obat
pembersih oleh Room Attendant/Houseman.
c)
Melayani
penukaran jadwal kerja, laporan lembur.
d)
Melayani
permohonan ijin, cuti, dll.
e)
Membuat
pengumuman untuk HK Crew.
f)
Mencatat
dan melaporkan kepada House Keeping
Manager bila ada barang milik hotel dibawa tamu saat CO/dirusak oleh tamu.
g)
Melaporkan
kepada House Keeping Manager bila ada
complaint tamu yang tidak dapat
diatasi oleh Team Leader.
h)
Membuat
jadwal in house training bagi
karyawan HK.
i)
Mengarsipkan
surat keluar, surat masuk, dll.
j)
Menerima
telepon dari department lain serta
menindaklanjuti.
k)
Menerima
order/permintaan tamu dari dalam kamar dan menyampaikannya kepada room attendant untuk segera
menindaklanjuti.
l)
Membuat
Work Order, Purchase Requisition,
membuat Store Room Requisition, House
Keeping Report, menerima Banquet
Event Order.
O. Daily Worker/Training
Bertugas membantu senior dalam menjalankan operasional
yang ada di room. Dalam hal ini
seorang Daily Worker mempunyai
tanggung jawab yang lebih dibandingkan dengan seorang trainee. Trainee sebagai pembantu tugas yang bertujuan dalam hal
pembelajaran.
RINGKASAN JURNAL KEGIATAN
PRAKTIK KERJA NYATA (PKN)
1. Kegiatan/Tugas
Utama
Selama menjalankan praktik kerja nyata di Grand Hyatt Bali Hotel, penulis telah
melaksanakan berbagai tugas di House
Keeping Department. Tugas tersebut sesuai dengan pendidikan dan pelatihan
yang telah penulis dapatkan di kampus baik secara teori maupun praktik, tetapi
penulis disini lebih memfokuskan terhadap service
procedure dari Grand Hyatt Bali Hotel
secara mengkhusus.
Berikut adalah beberapa hasil kegiatan di Grand Hyatt Bali di setiap section.
1.
Room
Section
a.
Morning
Shift
Morning shift dimulai dari pukul 09.00 – 18.00 WITA, penulis diwajibkan datang 15 menit
sebelum pukul 09.00 WITA. Pada morning
shift ini penulis melakukan beberapa kegiatan sebagai berikut:
ü
Mengisi
absensi kehadiran.
ü
Mengikuti
briefing dari House Keeping Manager/Asst. Manager.
ü
Membersihkan
guest room, adapun cara yang
dilakukan ketika membersihkan guest room adalah
sebagai berikut:
a)
Set Up Trolley
Sebelum
memulai pekerjaan, trolley terlebih
dahulu di set up dengan lengkap dan
rapi agar memudahkan ketika mulai bekerja. Adapun perlengkapan yang harus ada
ketika melakukan set up trolley
adalah: sheet king dan duvet cover king, sheet double dan duvet cover double, beberapa towel seperti hand towel, bath towel, face towel/wash cloth, bath mat, serta
beberapa bath robe. Selain itu trolley juga dilengkapi dengan berbagai
macam amenities seperti: shaving kit, tooth brush, soap, body lotion,
shampoo, bath gel, cutton, cutton bud, sewing kit, emery board.
b)
Membersihkan
kamar
Langkah-langkah
yang dilakukan ketika membersihkan kamar tamu adalah:
·
Sebelum
masuk kamar, room attendant harus
mengetuk pintu kamar 2 kali diiringi dengan menyebutkan nama department dan identitas, kemudian masuk
kamar dengan membuka pintu secara perlahan dan menyebutkan department.
·
Nyalakan
semua lampu, buka curtain serta cek
jika adasesuatu yang rusak, jika ada kerusakan room attendant akan melaporkan kepada Order Taker House Keeping.
·
Melakukan
Stripping yang harus di stripping oleh room attendant adalah linen
yang sudah kotor atau yang sudah tidak rapi dan towel yang sudah digunakanoleh tamu dan semua sampah yang ada dalam
kamar termasuk trash bin.
·
Making bed.
·
Cleaning bathroom.
a)
Membersihkan
glass, tea cup, tea spoon, saucher
dan soap disk.
b)
Membersihkan
bagian area shower dengan menggunakan
metal polish pada rain shower dan hand shower.
c)
Squezzee kaca
shower room dan cermin di bathroom.
d)
Membersihkan
bath tub dengan chemical dan sponge,
setelah selesai bilas dan keringkan.
e)
Membersihkan
wash basin dengan chemical lalu bilas dan keringkan.
f)
Membersihkan
toilet dengan menggunakan chemical toilet bowl dan toilet brush, lalu bilas dan keringkan seluruh bagian toilet dan
dinding toilet.
g)
Lengkapi
seluruh amenities dan set up sesuai standard hotel.
·
Merapikan
bagian wardrobe.
a)
Melengkapi
hanger dengan rincian jumlah:
-
Bar
hanger 8 buah
-
Clip
hanger 8 buah
-
Seal
hanger 4 buah
·
Dusting seluruh
bagian wardrobe dengan chemical furniture polish dan MPS.
·
Dusting semua
furniture yang ada dalam kamar dengan
menggunakan chemical furniture polish dan
MPS.
·
Squeegee kaca
balcony.
·
Dusting dan
swepping bagian balcony.
·
Dry mop.
·
Wet mop.
·
Lakukan
double check sebelum meninggalkan
kamar.
Jika waktu sudah menunjukkan pukul 17.00 WITA, maka room attendat akan melakukan turn down service. Langkah yang
dilakukan ketika melakukan turn down
service adalah:
ü
Ketuk
pintu kamar sebanyak 2 kali serta sebutkan nama department.
ü
Nyalakan
bedside lamp.
ü
Tutup
semua curtain.
ü
Letakkan
good night card dan bunga diatas pillow.
ü
Letakkan
mineral water, glass dan coster diatas bedside table.
ü
Set up Remote TV dan TV Guide diatas
bedside table.
ü
Letakkan
bath mat disamping bath tub dan di depan pintu shower room.
ü
Check kembali
jika ada sampah dan towel yang sudah
digunakan, buang sampah dan ganti towel
dengan yang baru.
ü
Sebelum
meninggalkan kamar, semprotkan kamar dengan pengharum ruangan.
2.
Public
Area Section
a.
Morning
Shift
Pada
section ini penulis menempuh masa training selama 1 bulan, di section ini penulis memulai pekerjaan
dari jam 05.00 sampai 14.00 WITA. Pada section
ini ada beberapa tempat yang harus dibersihkan oleh public area attendant seperti lobby,
restaurant, toilet umum, locker dan back office. Penulis sebagai seorang trainee bertugas untuk membersihkan area tersebut dibantu oleh
senior dan diawasi oleh team leader
(supervisor). Pekerjaan dimulai dari jam 05.00 WITA dan dimulai dari
membersihkan restaurant. Restaurant yang dibersihkan adalah restaurant yang khusus menyediakan breakfast seperti, grand club lounge, salsa verde, garden cafe, dan watercourt. Ketika sudah memasuki jam
07.00 WITA, trainee kembali ke store untuk pembagian section selanjutnya seperti maintenance, loadingdock, area pasar
sengol, corridor convention, pesona lounge, dll. Dan biasanya trainee akan dilepas sendiri tanpa
dibantu oleh senior dan sebelum melakukan pekerjaan trainee akan diberitahukan oleh team
leader area yang harus dibersihkan, jika sudah jam 10.30 WITA, trainee dan senior bisa istirahat dan
makan siang hingga jam 11.00 WITA. Jam 11.00 WITA trainee kembali bekerja membersihkan restaurant seperti jam 05.00 WITA dibantu oleh senior sebelum restaurant dibuka untuk lunch, pekerjaan dimulai dari jam 11.00
WITA hingga jam 14.00 WITA.
b.
Afternoon
Shift
Afternoon shift dimulai dari pukul 14.00 – 23.00 WITA, penulis diwajibkan
datang 15 menit sebelum pukul 14.00 WITA.
Berikut
adalah beberapa kegiatan yang dilakukan pada afternoon shift:
ü
Mengisi
absensi kehadiran
ü
Membersihkan
restaurant yang menyediakan dinner
ü
Membersihkan
rest room
ü
Membersihkan
loker ladies
3.
Linen
a.
Morning
Shift
Morning shift dimulai dari pukul 09.00 – 18.00 WITA, penulis diwajibkan datang 15 menit
sebelum pukul 09.00 WITA.
Pada
section ini penulis diberi waktu
selama 2 minggu untuk belajar, disini penulis diajarkan tentang tugas dan
tanggung jawab seorang linen attendant.
Adapun tugas dari seorang linen attendant
adalah menyediakan sheet beserta
perlengkapannya, menyediakan dan merapikan semua uniform karyawan (staff)
hotel dan bertanggung jawab untuk melipat bath
robe.
Adapun
bagian-bagian dari linen yaitu:
a)
Linen
Uniform
Pada
bagian ini penulis diajarkan dan diberi tugas bagaimana caranya men-set up uniform karyawan (staff)
yang telah dicuci bersih di laundry
dengan cara meletakkan baju serta celana sesuai dengan nomor kode karyawan (staff) dan department masing-masing. Selain diajarkan cara mempersiapkan uniform karyawan (staff) trainee juga diajarkan cara mempersiapkan apron untuk karyawan (staff) F&B Product dan Steward.
b)
Linen
Tailor
Ada
beberapa pekerjaan yang trainee
lakukan disini yaitu:
·
Melipat
bath robe yang sudah dicuci.
·
Melipat
napkin bersih yang baru keluar dari laundry.
·
Mempersiapkan
WRD bersih untuk semua room attendant.
·
Menerima
dan membuatkan record untuk napkin, wash cloth F&B Service dan glass cloth yang dibawa dari
masing-masing restaurant (outlet) dan
langsung di kirim ke laundry untuk
dicuci.
4.
Laundry
Section
Pada
outlet ini saya (trainee) menempuh masa training
1 minggu, banyak hal yang saya pelajari pada outlet ini, misalkan bagaimana mengoperasikan mesin press. Ada 3
jenis mesin press yang saya pelajari teknik pengoperasiannya yaitu:
a) Steam
Press
Steam press hanya digunakan untuk beberapa pakaian diantaranya:
ü
Shirt (kemeja)
ü
Trousers (celana
panjang)
ü
Short (celana
pendek)
ü
Skirt (rok)
ü
Jacket (jaket)
b) Susy
Q
Susy Q hanya
digunakan untuk pakaian diantaranya:
ü
Night gown (baju tidur)
ü
Blouse
ü
T-shirt
c) Flat
Roll Ironer
Flat rool ironer digunakan untuk:
ü
Bed sheet
ü
Duvet cover
ü
Pillow case
Terimakasih infonya🙏
BalasHapusSama-sama, terima kasih sudah mampir di blog kami. 👍
Hapus