Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Laporan Training di Hotel Grand Hyatt Bali

Model: I Putu Dedi Sagita

GAMBARAN UMUM PERUSAHAAN

GRAND HYATT BALI

 

1.              Sejarah Berdirinya Hotel

Sejarah berdirinya Grand Hyatt Bali di awali dari berdirinya Hyatt House yang di buat oleh Hyatt Van Dhen. Hyatt House adalah perhotelan multinasional terbesar di Los Angeles. Setelah itu pada tahun 1957 seorang bangsawan Amerika yang bernama “Jay Pritzker” membeli Hyatt House dan menggantinya dengan nama Hyatt Corporation. Perusahaan ini memiliki, mengoperasikan dan membuka kurang lebih 435 hotel di seluruh dunia, dari menangani anggaran dan ekonomi penginapan hingga akomodasi mewah di daerah pariwisata. Jay Pritzker adalah pendiri Hyatt Corporation. Dan Grand Hyatt Bali merupakan salah satu hotel yang berdiri di bawah  management dari Hyatt Corporation. Dimana sebelumnya telah berdiri Hotel Hyatt lainnya di Bali yang juga berdiri di bawah management dari Hyatt Corporation. Dan melihat meningkat dan pesatnya kebutuhan akomodasi perhotelan di Bali, didirikanlah Grand Hyatt Bali yang didirikan pada tanggal 10 Juli 1991. Dengan desain yang modern dan memiliki unsur Balinese dengan jumlah 636 kamar yang dibagi menjadi 4 village yaitu; North Village, East Village, South Village, West Village dan juga memiliki  villa yaitu; Villa Beratan dan Belibis yang terletak di East Village, serta Villa Tamlingan yang terletak di South Village. Grand Hyatt Bali  memiliki banyak kolam buatan di masing-masing Village untuk memperindah view di setiap Village sesuai dengan konsep yang diambil yaitu Tirta Gangga. Family Brand of Hyatt ada 18 Family Brand yaitu; Park Hyatt, Miraval, Grand Hyatt, Hyatt Regency, Hyatt, Hyatt Ziva, Hyatt Zilara, Hyatt Place, Hyatt House, Hyatt Recidence Club, Andas, Alila, Thompson, Hyatt Centric, Exhale Spa & Fitness, The Unbound Collection, Destination, Joie De Vivre. Grand Hyatt Bali mampu menjadi hotel yang berkelas dan memberikan manfaat positif bagi kemajuan pariwisata Bali.

 

 

2.              Kepemilikan Grand Hyatt Bali

Lokasi : Grand Hyatt Bali berlokasi di Kawasan Wisata Nusa Dua BTDC, Nusa Dua, Bali, Indonesia 80363. Berlokasi sangat strategis dimana bila menuju Pantai Mengiat dapat di tempuh dengan waktu 10 menit dan 30 menit menuju Bandara Ngurah Rai menggunakan mobil. Hal ini disebabkan karena lokasi dari Grand Hyatt Bali terletak di kawasan ITDC yang sangat strategis. Di buka 10 Juli 1991. Ownersh: PT.WYNCOR BALI. Management hotel ini di bawah management Hyatt Corporation.

 

3.              Fasilitas Grand Hyatt Bali

a)      Room

1.      Jenis Kamar

Grand Hyatt Bali terdiri dari 636 kamar dengan desain modern yang terdiri dari:

a.       Classic Garden King dengan total kamar sebanyak 38 kamar.

b.      Classic Garden Twin dengan total kamar sebanyak 37 kamar.

c.       Grand King dengan total kamar sebanyak 164 kamar.

d.      Grand Twin dengan total kamar sebanyak 171 kamar.

e.       Grand Ocean King dengan total kamar sebanyak 19 kamar.

f.       Grand Ocean Twin dengan total kamar sebanyak 27 kamar.

g.      Club King dengan total kamar sebanyak 20 kamar.

h.      Club Twin dengan total kamar sebanyak 30 kamar.

i.        Club Deluxe King dengan total kamar sebanyak 27 kamar.

j.        Club Deluxe Twin dengan total kamar sebanyak 8 kamar.

k.      Club Deluxe Ocean King dengan total kamar sebanyak 16 kamar.

l.        Club Deluxe Ocean Twin dengan total kamar sebanyak 10 kamar.

m.    Cabana Suite dengan total kamar sebanyak 2 kamar.

n.      Grand Executive Suite Twin dengan total kamar sebanyak 1 kamar.

o.      Special Suite dengan total kamar sebanyak 3 kamar.

p.      Presidential Suite dengan total kamar sebanyak 2 kamar.

q.      Beratan Villa dengan total kamar sebanyak 1 kamar.

r.        Tamblingan Villa dengan total kamar sebanyak 1 kamar.

s.       Belibis Villa dengan total kamar sebanyak 1 kamar.

2.      Fasilitas Kamar :

a.       Ruangan kamar yang besar dengan desain modern.

b.      Kamar mandi yang modern.

c.       Tersedia 37” LCD TV, DVD.

d.      In room safety deposit box.

e.       Internet connection

f.       Air conditioner

g.      Mini bar cabinet.

h.      Tea and coffe maker.

i.        Refrigerator.

j.        Smoke detector di semua kamar.

b)      Restaurant and Bar

1.      Garden Café (Medditeranean Restaurant)

Merupakan Restaurant yang terletak di sebelah lobby yang dikelilingi oleh taman-taman yang indah dan juga pemandangan kolam buatan yang sangant menawan. Restaurant ini merupakan restaurant yang buka untuk Breakfast, Lunch dan Dinner. Jam buka pada restaurant ini pun di tentukan yaitu :

-          Breakfast      : 06.30 AM – 11.00 AM.

-          Lunch           : 11.00 AM – 06.00 PM.

-          Dinner          : 06.00 PM 11.00 PM.

Garden Café dapat menampung kapsitas 145 seat dan dilengkapi dengan fasilitas Air Conditioner dan Private Room. Restaurant ini merupakan Restaurant Internasional yang menyediakan makanan internasional.

2.      Nampu (Japanese Restaurant)

Nampu adalah restaurant dengan arsitektur bergaya Jepang dan melayani berbagai masakan Jepang yang terletak didepan Garden Café Restaurant dan hanya dibuka untuk Dinner dari jam 06.00 PM 11.00 PM dengan variasi makan malam khas Jepang yang dapat dinikmati dibeberapa ruangan seperti ruang teppayakki dengan kapasitas 37 seat, dinning room yang menyediakan sushi, sashimi, yakitori dan tempura yang kapasitasnya 88 seat serta menyediakan private room, tatami dengan kapasitas 26 seat.

3.      Pasar Senggol (Balinese Restaurant)

Pasar Senggol adalah restaurant yang melayani makanan khas Bali, BBQ dan makanan Indonesia. Restaurant ini hanya dibuka untuk dinner dari jam 06.30 PM 10.00 PM dengan sistem buffet dinner. Pasar Senggol setiap malamnya menyajikan pertunjukan atraksi tari-tarian khas Bali yang ditampilkan dari jam 07.30 PM – 08.30 PM. Pasar Senggol berada di luar ruangan, sehingga menambah daya tarik dari para pengunjung.

          Tarian yang ditmpilkan setiap harinya selalu berganti yaitu:

a)      Sunday                    : Balinese Dance Parade

b)      Monday                  : Barong Dance

c)      Tuesday                  : Ramayana Dance

d)     Wednesday             : Kecak Dance

e)      Thursday                 : Legong Dance

f)       Friday                     : Jegog Dance

g)      Saturday                 : Kecak Dance

4.      Salsa Verde (Italian Restaurant)

Salsa Verde merupakan restaurant yang buka untuk breakfast, lunch dan dinner. Restaurant ini merupakan Restaurant Itali yang menyediakan jenis makanan ala Italia antara lain: sea food, pizzas, pastas, dan makanan Italia lainnya. Salasa Verde mempunyai pemanandangan langsung dengan pantai yang dapat memanjakan mata. Jam buka pada Restaurant Salsa Verde  ini pun ditentukan yaitu :

-          Breakfast      : 07.00 AM – 11.00 AM

-          Lunch           : 12.00 PM 06.00 PM

-          Dinner          : 06.00 PM 11.00 PM

5.      Watercourt (Asia Restaurant)

Watercourt  merupakan restaurant yang memiliki arsitektur khas Bali dengan kolam buatan di sekeliling restaurant. Restaurant yang berlokasi di area West Village hanya dibuka untuk breakfast saja dari jam 06.30 AM – 10.30 AM serta melayani lunch untuk pelayanan yang bersifat pribadi atau group. Kapasitas Watercourt adalah 129 seat yang terdiri dari 69 seat in door, 10 seat papiliun dan 50 seat out door.

6.      Veranda Lounge and Bar

Veranda Lounge and Bar merupakan main bar yang terletak di dekat lobby dengan pemandangan laut yang akan memanjakan tamu. Veranda Lounge and Bar memiliki kapasitas 111 seat.

Open Daily 10.00 AM – 12.00 Midnight

Morning Menu: 10.00 AM – 02.00 PM

Afternoon Tea: 02.00 PM – 05.00 PM

Evening Menu: 05.00 PM - Midnight

7.      Pool Bar

Pool Bar terletak diantara river pool dan lagoon pool  serta berdekatan dengan salsa verde restaurant. Selain melayani berbagai jenis minuman pool bar juga menyediakan pilihan menu dari appetizer, main course (pizza, spaghetti dan sandwich) dan dessert. Pool Bar dibuka jam 09.00 AM07.00 PM yang melayani tamu-tamu yang berada di area pool maupun area pantai.

8.      Salsa Bar

Salsa Bar merupakan salah satu bar yang ada di Grand Hyatt Bali. Bar ini terletak diatas Salsa Verde Restaurant yang merupakan Italia Restaurant. Salsa Bar menghidangkan berbagai macam minuman alcoholic maupun non alcoholic beverage. Selain itu Salsa Bar juga menghidangkan berbagai jenis pizza. Salsa Bar buka dari jam 05.00 PM11.00 PM.

c)      Fasilitas Penunjang

1.      Room Service

Room Service adalah pelayanan makanan dan minuman di kamar – kamar tamu. Room Service beroperasi selama 24 jam yang menyediakan berbagai macam makanan mulai dari breakfast, lunch, dinner dan supper.

2.      Tennis Court

Grand Hyatt Bali memiliki 3 lapangan tennis yang memerlukan pemesanan dalam penggunaannya. Ketiga lapangan ini terletak di luar ruangan.

3.      The Bay Club

The Bay Club adalah fitness center yang lengkap di Grand Hyatt Bali yang dilengkapi dengan gym, aerobic room, 2 of squash room, kamar mandi dengan pusaran air, ruang pemanas atau sauna.

4.      Swimming Pool

Grand Hyatt Bali memiliki 5 kolam renang yang dibuka mulai jam 08.00-19.00 wita. Antara lain :

-          Main Pool

-          River Pool

-          Balinese Feature Pool

-          Grand Club Pool

-          Bay Club Pool

5.      Water Sport

Menyediakan berbagai rekreasi aktivitas ai seperti : snorkling, wind surfing, paddle canoes, boogie boards, parasailing dan scuba diving.

6.      Kriya Spa

Kriya Spa merupakan tempat yang sangat indah yang dikelilingi dengan hamparan kolam buatan. Tempat ini menawarkan kepada tamu untuk menikmati fasilitas yang sangat mewah dan pelayanan yang sangat memuaskan. Kriya Spa menawarkan berbagai macam Authentic Treatment dan menyediakan 24 exotis spa villa yang mewah dan 1 Relax Lounge.

7.      Kids Club

Kids Club merupakan suatu pusat aktivitas untuk anak-anak atau juga digunakan sebagai tempat penitipan anak yang menyediakan program dan aktivitas yang berbeda setia harinya. Sebelum menitipkan anaknya para tamu atau para ibu, harus melakukan registrasi di business center terlebih dahulu. Anak yang bias di titpkan di tempat ini yaitu anak yang berumur 3-13 tahun dan juga bias didampingi oleh baby sister sendiri.

8.      Lapangan Golf

Lapangan Golf yang memiliki 18 lubang terletak di area ITDC, ini merupakan kerja sama antara pihak Grabd Hyatt Bali dengan pengelola lapangan golf tersebut. Bagi para tamu yang ingin menggunakan fasilitas ini bisa memesan terlebih dahulu di concierge atau business center.

9.      In House Clinic

In house clinic di Grand Hyatt Bali beroperasi 24 jam dan juga melayani emergency call.

10.  Beauty Salon by Kriya Spa

Beauty Salon merupakan tempat yang cocok bagi para tamu untuk memanjakan diri dan mempercantik diri.

11.  Laundry Service

Hotel juga menyediakan fasilitas laundry yang disediakan kepada tamu.

 


 

 

 

 

 

 


6.  Tugas dan Tanggung Jawab Masing-Masing Jabatan House Keeping Departement

A. House Keeping Manager

a)      Melakukan rekrutmen karyawan, mewawancara, melatih serta mengawasi serta melakukan penilaian, evaluasi atau teguran terhadap karyawan secara berkala.

b)      Menyiapkan job description dan standard operating procedure House Keeping.

c)      Memberi penugasan dan arahan terhadap tugas-tugas yang harus dilakukan karyawan di bagian House Keeping.

d)     Membantu Room Division Manager dan General Manager terhadap program perawatan atau perbaikan yang bersangkutan dengan area tanggung jawab House Keeping, terutama di kamar tamu dan public area.

e)      Melakukan pengontrolan, permintaan barang atau pembelian barang-barang yang diperlukan dalam operasional sehari-hari di House Keeping, seperti guest supplies, guest room supplies, linen dan sebagainya agar sesuai dengan par stock yang ditentukan.

f)       Melakukan program pengadaan dan pembelian FF&E (furniture, fixture, & equitment) baik untuk House Keeping ataupun laundry sesuai dengan spesifikasi yang dibutuhkan.

g)      Melakukan pengawasan pengadaan barang dan pembelian peralatan yang disediakan untuk operasional sehingga berfungsi sesuai dengan standar yang ditentukan, baik di House Keeping maupun di laundry.

h)      Melakukan pemeriksaan secara rutin terhadap proses pelaksanaan pencucian laundry, baik untuk house laundry maupun untuk guest laundry.

i)        Melakukan pengawasan terhadap lost and found.

j)        Membuat program pelatihan (training program) terhadap seluruh karyawan.

 

B. Asst. House Keeping Manager

Membantu Executive Housekeeper dalam mengelola dan mengawasi semua operasional harian House Keeping dan memberi dukungan berupa pelatihan, coaching dan konseling kepada semua staff House Keeping demi mencapai tujuan bersama.

a)      Bertanggung jawab terhadap operasional sehari-hari atau melakukan penyelesaian masalah yang terjadi. Apabila melakukan perubahan dalam mengambil keputusan harus dikonsultasikan terlebih dahulu dengan House Keeping Manager.

b)      Memberikan penugasan dan arahan terhadap tugas-tugas yang harus dijalankan oleh karyawan di House Keeping  serta meyakinkan bahwa pelaksanaan kerja dijalankan sesuai dengan standar yang ditentukan.

c)      Menyusun jadwal kerja yang disesuaikan dengan kondisi dan situasi yang berpengaruh pada ocupancy (tingkat hunian kamar).

d)     Membantu House Keeping Manager  terhadap penyusunan program perawatan dan perbaikan yang bersangkutan dengan area tanggung jawab House Keeping, terutama di kamar tamu dan public area.

e)      Melakukan pengontrolan persediaan atas barang yang diperlukan dalam pengoperasian sehari-hari di House Keeping, guest room supplies, linen dan sebagainya agar sesuai dengan per stock yang ditentukan, dan memberikan laporan terhadap Executive Housekeeper apabila kondisi memerlukan penggantian atau penambahan stock baru.

f)       Melakukan pengawasan terhadap penggunaan peralatan yang disediakan untuk operasional di House Keeping sehingga berfungsi sesuai standar yang ditentukan.

g)      Melakukan pemeriksaan secara rutin terhadap proses pelaksanaan perawatan dan penyimpanan linen/uniform.

h)      Melakukan pengawasan terhadap lost and found dan meyakinkan bahwa prosedur berjalan sesuai dengan yang telah ditentukan.

i)        Membuat program pelatihan (training program) terhadap seluruh karyawan House Keeping secara rutin.

j)        Menjalankan tugas yang diberikan House Keeping Manager.

 

C. Laundry Manager

a)      Bertanggung jawab terhadap operasional sehari-hari serta melakukan penyelesaian masalah yang terjadi di Laundry Section.

b)      Menyusun jadwal kerja.

c)      Melakukan pengawasan dan pengontrolan terhadap semua cucian yang dikirim baik itu cucian milik hotel maupun tamu.

d)     Mengontrol pemakaian alat-alat dan bahan pembersih.

e)      Menyelesaikan masalah yang timbul di Laundry.

f)       Mengajukan permohonan pembelian alat, bahan pembersih, kepada House Keeping Manager.

g)      Membuat Laporan Maintenance Request untuk Engineering menindak lanjuti, mengawasi dan memeriksa kembali.

h)      Berkomunikasi terus menerus dengan Order Taker tentang perubahan dan updating status kamar.

i)        Menerima dan memeriksa laporan Room Attendant.

j)        Melakukan brefing setiap hari dan menjalankan prosedur keamanan dan keselamatan kerja.

 

D. Asst. Manager of Room

Membantu House Keeping Manager dalam mengatur dan mengawasi kelancaran kerja staff yang berada pada Departement House Keeping.

a)      Bertanggung jawab atas kebersihan kamar sesuai dengan standard dan prosedur yang telah ditentukan.

b)      Bertanggung jawab terhadap satu village.

c)      Memberikan test praktek kepada HK Trainee.

d)     Mengecek kamar yang sudah dibersihkan room attendant dan mengganti status IP atau siap untuk dijual.

e)      Memberikan penugasan dan arahan terhadap tugas-tugas yang harus dikerjakan oleh karyawan di corridor attendant serta meyakinkan bahwa pelaksanaan kerja sesuai dengan standar yang ditentukan.

f)       Memberikan pengarahan dan bimbingan kepada Room Attendant dan Order Taker terhadap cara-cara yang sistematis dan efisien.

g)      Memeriksa daftar kehadiran Room Attendant dan Order Taker setiap saat.

h)      Memeriksa kondisi kamar dan melaporkan status kamar sesuai dengan pemeriksaan yang ada, pemeriksaan kamar harus berdasarkan atas kebersihan, kerapihan, kelengkapan, dan fungsi dari peralatan kamar.

i)        Memeriksa secara teliti atas kamar-kamar yang akan digunakan hari itu berdasarkan Expected Arrival oleh Front Office.

j)        Memeriksa kerapihan, kebersihan, dan kelengkapan peralatan keperluan Floor Section seperti Trolley, Linen, Amenities, Cleaning Supplies, Cleaning Agent, dan Cleaning Equipment baik di Floor Station atau Pantry, maupun di Trolley yang disediakan di setiap lantai.

k)      Menjalankan prosedur keamanan, keselamatan, higienis, dan sanitasi baik untuk kepentingan tamu, orang lain dan diri sendiri.

l)        Menjalankan tugas yang diberikan oleh House Keeping Manager/Assistant.

m)    Melaporkan isi mini bar yang dikonsumsi oleh tamu.

 

E. Team Leader of Room

Membantu House Keeping Manager dalam mengatur dan mengawasi kelancaran kerja staff yang berada pada Department House Keeping.

a)      Bertanggung jawab atas kebersihan kamar sesuai dengan standard dan prosedur yang telah ditentukan.

b)      Bertanggung jawab terhadap satu section  yang terdiri dari beberapa Room Atendant.

c)      Memberikan test praktek kepada HK Trainee.

d)     Mengecek kamar yang sudah dibersihkan Room Atendant dan mengganti status IP atau siap untuk dijual.

e)      Memberikan penugasan dan arahan terhadap tugas-tugas yang harus dikerjakan oleh karyawan di Corridor Attendant serta meyakinkan bahwa pelaksanaan kerja sesuai dengan standar yang ditentukan.

f)       Memberikan pengarahan dan bimbingan kepada Room Attendant dan Order Taker terhadap cara-cara yang sistematis dan efisien.

g)      Memeriksa daftar kehadiran Room Attendant dan Order Taker setiap saat.

h)      Memeriksa kondisi kamar dan melaporkan status kamar sesuai dengan pemeriksaan yang ada, pemeriksaan kamar harus berdasarkan atas kebersihan, kerapihan, kelengkapan, dan fungsi dari peralatan kamar.

i)        Memeriksa secara teliti atas kamar-kamar yang akan digunakan hari itu berdasarkan Expected Arrival oleh Front Office.

j)        Memeriksa kerapihan, kebersihan, dan kelengkapan peralatan keperluan Floor Section seperti Trolley, Linen, Amenities, Cleaning Supplies, Cleaning Agent, dan Cleaning Equpment baik di Floor Station atau Pantry, maupun di Trolley yang disediakan di setiap lantai.

k)      Menjalankan prosedur keamanan, keselamatan, higienis, dan sanitasi baik untuk kepentingan tamu, orang lain dan diri sendiri.

l)        Menjalankan tugas yang diberikan oleh House Keeping Manager/Assistant.

m)    Melaporkan isi mini bar yang dikonsumsi oleh tamu.

 

F. Room Attendant

a)      Menerima penugasan dan pengarahan dari Team Leader.

b)      Melakukan handling over dari room attendant night shift, morning shift dan evening shift.

c)      Menyiapkan trolley dengan peralatan kerja, guest supplies, cleaning supplies dan linen untuk setiap floor station (dilakukan room attendant night shift).

d)     Memeriksa status kamar sesuai dengan EA di area yang ditugaskan, kondisi dan melaporkan status kamar sesuai dengan hasil pemeriksaan.

e)      Melaporkan pada Floor Supervisor jika terjadi perbedaan status kamar.

f)       Membersihkan kamar sesuai dengan SOP.

g)      Melakukan turndown service dan membersihkan kamar yang late check-out.

h)      Membuat room attendant report dan mengembalikan kunci pada saat akhir penugasan.

i)        Melaporkan kepada Team Leader/Order Taker jika ada barang tamu yang tertinggal.

j)        Menjaga penggunaan dan pemakaian atas biaya yang dikeluarkan untuk penggunaan guest supplies dan cleaning supplies.

 

G. Asst. Manager of PA

a)      Bertanggung jawab terhadap kebersihan public area sesuai dengan standard dan prosedur yang ditentukan.

b)      Membuat jadwal kerja semua PA Attendant beserta Team Leader.

c)      Menghitung pengeluaran dan pemasukan PA.

d)     Memberikan penugasan dan arahan terhadap tugas-tugas yang harus dijalankan oleh Public Area Attendant, serta meyakinkan bahwa pelaksanaan kerja dijalankan sesuai dengan standard yang ditentukan.

e)      Melakukan handing over dengan shift sebelumnya pada saat akan memulai kerja, dan handing over dengan shift berikutnya pada saat akan menyelesaikan tugas dan mendelegasikan tugas-tugas yang harus dilanjutkan kepada shift berikutnya dengan jelas.

f)       Memeriksa daftar kehadiran Staff Public Area setiap hari.

g)      Memeriksa kondisi area umum secara teliti. Pemeriksaan kamar harus berdasarkan kebersihan, kerapihan, kelengkapan dan fungsi dari peralatan atau fasilitas yang ada di area masing-masing.

h)      Memeriksa secara teliti atas ruangan-ruangan restaurant, bar, ruang rapat dan sebagainya yang telah dikerjakan oleh staff  pada hari itu.

i)        Melengkapi laporan dalam Public Area Supervisor Log Book setiap shift.

j)        Membuat laporan Maintenance Request kepada Engineering dan menindaklanjuti area-area, fasilitas atau peralatan memiliki kerusakan, mengawasi pengerjaan dan memeriksa kembali hasil pengerjaannya.

k)      Memeriksa kebersihan, kerapihan, dan kelengkapan peralatan keperluan seperti janitor trolley, cleaning supplies, cleaning agent, dan cleaning equipment baik di area maupun di janitor room atau pantry.

l)        Bertanggung jawab terhadap biaya dan penggunaan barang-barang keperluan seperti cleaning agent, supplies, dan equipment.

m)    Membuat program pelatihan (training program) terhadap Staff Public Area secara rutin.

n)      Mengawasi pelaksanaan program pemeliharaan atau pembersihan secara berkala, seperti kristalisasi atau re-coating lantai marmer, pencucian lantai karpet, pembersihan kaca jendela, general cleaning dan sebagainya.

o)      Melakukan pemeriksaan atau inspeksi area secara rutin untuk meyakinkan kualitas pemeliharaan kebersihan Public Area terjaga baik sesuai dengan standard yang ditentukan.

p)      Melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan tugas yang diberikan oleh House Keeping Manager serta melaporkan hasilnya.

q)      Melakukan kerjasama yang erat baik dengan semua bagian, seperti Floor, Linen/Uniform dan Laundry, serta dengan Department lain, terutama Front Office dan Engineering untuk meyakinkan koordinasi atas pelayanan kamar yang prima serta perawatan kamar dan public area yang terbaik.

r)       Mengadakan briefing rutin setiap hari, baik pagi hari atau handing over sore hari, dan pertemuan berkala, baik mingguan atau bulanan dengan Staff Public Area untuk melakukan koordinasi operasional serta saling bertukar pikiran (sharing idea) untuk meningkatkan dan memperbaiki kualitas pekerjaan dan pelayanan.

s)       Menjalankan prosedur keamanan, keselamatan, higienis, dan sanitasi baik untuk kepentingan tamu, orang lain, dan diri sendiri.

 

H. Team Leader of PA

Bertanggung jawab terhadap kebersihan, kerapihan, dan pemeliharaan Public Area, seperti Lobby, F&B Outlet, Meeting Room, Offices, Parking Area, Public Toilet dan sebagainya, dan pelaksanaan kerja Public Area dalam menjalankan pelayanan House Keeping yang nyaman dan menyenangkan terhadap tamu, sesuai dengan standard dan prosedur yang ditentukan, uraian tugas Public Area Supervisor adalah sebagai berikut:

a)      Bertanggung jawab terhadap kebersihan public area sesuai dengan standard dan prosedur yang ditentukan.

b)      Memberikan penugasan dan arahan terhadap tugas-tugas yang harus dijalankan oleh Public Area Attendant, serta meyakinkan bahwa pelaksanaan kerja dijalankan sesuai dengan standard yang ditentukan.

c)      Melakukan handling over dengan shift sebelumnya pada saat akan memulai kerja, dan handling over dengan shift berikutnya pada saat akan menyelesaikan tugas dan mendelegasikan tugas-tugas yang harus dilanjutkan kepada shift berikutnya dengan jelas.

d)     Memeriksa daftar kehadiran Staff Public Area setiap hari.

e)      Memeriksa kondisi area umum secara teliti. Pemeriksaan kamar harus berdasarkan kebersihan, kerapihan, kelengkapan dan fungsi dari peralatan atau fasilitas yang ada di area masing-masing.

f)       Memeriksa secara teliti atas ruangan-ruangan restoran, bar, ruang rapat dan sebagainya yang telah dikerjakan oleh Staff pada hari itu.

g)      Melengkapi laporan dalam Public Area Team Leader Log Book setiap shift.

h)      Membuat laporan Maintenance Request kepada Engineering dan menindaklanjuti area-area, fasilitas atau peralatan memiliki kerusakan, mengawasi pengerjaan dan memeriksa kembali hasil pengerjaannya.

i)        Memeriksa kebersihan, kerapihan, dan kelengkapan peralatan keperluan seperti janitor trolley, cleaning supplies, cleaning agents dan cleaning equipment baik di area maupun di janitor room atau pantry.

j)        Bertanggung jawab terhadap biaya dan penggunaan barang-barang keperluan seperti cleaning agents, supplies dan equipment.

k)      Membuat program pelatihan (training program) terhadap Public Area Attendant secara rutin.

l)        Mengawasi pelaksanaan program pemeliharaan atau pembersihan secara berkala, seperti kristalisasi atau re-coating lantai marmer, pencucian lantai karpet, pembersihan kaca jendela, general cleaning dan sebagainya.

m)    Melakukan pemeriksaan atau inspeksi area secara rutin untuk meyakinkan kualitas pemeliharaan kebersihan public area terjaga baik sesuai dengan standard yang ditentukan.

n)      Melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan tugas yang diberikan oleh Assistant Manager of Public Area serta melaporkan hasilnya.

o)      Melakukan kerjasama yang erat dan baik dengan semua bagian seperti, Corridor, Linen/Uniform, dan Laundry, serta dengan Department lain, terutama Front Office dan Engineering untuk meyakinkan koordinasi atas pelayanan kamar yang prima serta perawatan kamar dan public area yang terbaik.

p)      Mengadakan briefing rutin setiap hari, baik pagi hari atau handling over sore hari, dan pertemuan berkala, baik mingguan atau bulanan dengan Public Area Attendant untuk melakukan koordinasi operasional serta saling bertukar pikiran (sharing idea) untuk meningkatkan dan memperbaiki kualitas pekerjaan dan pelayanan.

q)      Menjalankan prosedur keamanan, keselamatan, higienis, dan sanitasi baik untuk kepentingan tamu, orang lain, dan diri sendiri.

r)       Menjalankan tugas yang diberikan oleh Assistant Manager of Public Area.

 

I. PA Attendant

a)      Melakukan handling over dengan shift morning, evening and night cleaner pada saat menyelesaikan tugas.

b)      Membersihkan standing ashtray di area lobby dan area umum lainnya.

c)      Melakukan dusting di tangga, furniture, public area.

d)     Membersihkan sampah lantai dengan sweeping dan mopping, kaca dan jendela di lobby, toilet dan area umum lainnya.

e)      Membersihkan restaurant atau F&B Outlet setelah makan pagi, siang dan malam.

f)       Membersihkan back office, setelah office hour dan locker room, corridor dan parking area.

g)      Membantu membuang sampah dan linen kotor dari room attendant trolley.

h)      Menjaga kondisi meeting room, ruang banquet dalam keadaan rapi dan bersih.

i)        Mengikuti briefing setiap hari.

 

J. Asst. Manager of Linen

Adalah orang yang mengatur pengadaan barang atau alat dan mengatur budgeting seksi linen.

 

K. Team Leader of Linen

Adalah orang yang mengontrol atau mengecek kinerja linen attendant dan juga menentukan barang yang harus diganti, diperbaiki, dan dibuang.

 

L. Linen Attendant

Terdiri dari 3 kategori yaitu driver, uniform, and tailor.

a)      Driver adalah orang yang mengambil linen kotor di pantry untuk dikirim ke laundry dan mengirim linen bersih ke pantry-pantry.

b)      Uniform adalah orang yang menyediakan seragam bagi karyawan yang akan bekerja.

c)      Tailor adalah orang yang menyediakan jasa memperbaiki pakaian tamu maupun uniform/linen yang rusak.

 

M. Attendant of Corridor

Membersihkan corridor dan membantu order taker bila ada tamu yang meminta suatu barang.

 

N. Order taker

a)      Membuat Work Schedule untuk Team Leader Room maupun Public Area, Office Clerk, maupun Room Attendant/Public Area Attendant.

b)      Membuat laporan harian, mingguan, maupun bulanan atas penggunaan berbagai obat pembersih oleh Room Attendant/Houseman.

c)      Melayani penukaran jadwal kerja, laporan lembur.

d)     Melayani permohonan ijin, cuti, dll.

e)      Membuat pengumuman untuk HK Crew.

f)       Mencatat dan melaporkan kepada House Keeping Manager bila ada barang milik hotel dibawa tamu saat CO/dirusak oleh tamu.

g)      Melaporkan kepada House Keeping Manager bila ada complaint tamu yang tidak dapat diatasi oleh Team Leader.

h)      Membuat jadwal in house training bagi karyawan HK.

i)        Mengarsipkan surat keluar, surat masuk, dll.

j)        Menerima telepon dari department lain serta menindaklanjuti.

k)      Menerima order/permintaan tamu dari dalam kamar dan menyampaikannya kepada room attendant untuk segera menindaklanjuti.

l)        Membuat Work Order, Purchase Requisition, membuat Store Room Requisition, House Keeping Report, menerima Banquet Event Order.

 

 

 

 

O. Daily Worker/Training

Bertugas membantu senior dalam menjalankan operasional yang ada di room. Dalam hal ini seorang Daily Worker mempunyai tanggung jawab yang lebih dibandingkan dengan seorang trainee. Trainee sebagai pembantu tugas yang bertujuan dalam hal pembelajaran.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

RINGKASAN JURNAL KEGIATAN

PRAKTIK KERJA NYATA (PKN)

 

1.      Kegiatan/Tugas Utama

Selama menjalankan praktik kerja nyata di Grand Hyatt Bali Hotel, penulis telah melaksanakan berbagai tugas di House Keeping Department. Tugas tersebut sesuai dengan pendidikan dan pelatihan yang telah penulis dapatkan di kampus baik secara teori maupun praktik, tetapi penulis disini lebih memfokuskan terhadap service procedure dari Grand Hyatt Bali Hotel secara mengkhusus.

Berikut adalah beberapa hasil kegiatan di Grand Hyatt Bali di setiap section.

1.      Room Section

a.      Morning Shift

Morning shift dimulai dari pukul 09.00 – 18.00 WITA, penulis diwajibkan datang 15 menit sebelum pukul 09.00 WITA. Pada morning shift ini penulis melakukan beberapa kegiatan sebagai berikut:

ü  Mengisi absensi kehadiran.

ü  Mengikuti briefing dari House Keeping Manager/Asst. Manager.

ü  Membersihkan guest room, adapun cara yang dilakukan ketika membersihkan guest room adalah sebagai berikut:

a)      Set Up Trolley

Sebelum memulai pekerjaan, trolley terlebih dahulu di set up dengan lengkap dan rapi agar memudahkan ketika mulai bekerja. Adapun perlengkapan yang harus ada ketika melakukan set up trolley adalah: sheet king dan duvet cover king, sheet double dan duvet cover double, beberapa towel seperti hand towel, bath towel, face towel/wash cloth, bath mat, serta beberapa bath robe. Selain itu trolley juga dilengkapi dengan berbagai macam amenities seperti: shaving kit, tooth brush, soap, body lotion, shampoo, bath gel, cutton, cutton bud, sewing kit, emery board.

b)      Membersihkan kamar

Langkah-langkah yang dilakukan ketika membersihkan kamar tamu adalah:

·         Sebelum masuk kamar, room attendant harus mengetuk pintu kamar 2 kali diiringi dengan menyebutkan nama department dan identitas, kemudian masuk kamar dengan membuka pintu secara perlahan dan menyebutkan department.

·         Nyalakan semua lampu, buka curtain serta cek jika adasesuatu yang rusak, jika ada kerusakan room attendant akan melaporkan kepada Order Taker House Keeping.

·         Melakukan Stripping yang harus di stripping oleh room attendant adalah linen yang sudah kotor atau yang sudah tidak rapi dan towel yang sudah digunakanoleh tamu dan semua sampah yang ada dalam kamar termasuk trash bin.

·         Making bed.

·         Cleaning bathroom.

a)      Membersihkan glass, tea cup, tea spoon, saucher dan soap disk.

b)      Membersihkan bagian area shower dengan menggunakan metal polish pada rain shower dan hand shower.

c)      Squezzee kaca shower room dan cermin di bathroom.

d)     Membersihkan bath tub dengan chemical dan sponge, setelah selesai bilas dan keringkan.

e)      Membersihkan wash basin dengan chemical lalu bilas dan keringkan.

f)       Membersihkan toilet dengan menggunakan chemical toilet bowl dan toilet brush, lalu bilas dan keringkan seluruh bagian toilet dan dinding toilet.

g)      Lengkapi seluruh amenities dan set up sesuai standard hotel.

·         Merapikan bagian wardrobe.

a)      Melengkapi hanger dengan rincian jumlah:

-          Bar hanger 8 buah

-          Clip hanger 8 buah

-          Seal hanger 4 buah

·         Dusting seluruh bagian wardrobe dengan chemical furniture polish  dan MPS.

·         Dusting semua furniture yang ada dalam kamar dengan menggunakan chemical furniture polish dan MPS.

·         Squeegee kaca balcony.

·         Dusting dan swepping bagian balcony.

·         Dry mop.

·         Wet mop.

·         Lakukan double check sebelum meninggalkan kamar.

Jika waktu sudah menunjukkan pukul 17.00 WITA, maka room attendat akan melakukan turn down service. Langkah yang dilakukan ketika melakukan turn down service adalah:

ü  Ketuk pintu kamar sebanyak 2 kali serta sebutkan nama department.

ü  Nyalakan bedside lamp.

ü  Tutup semua curtain.

ü  Letakkan good night card dan bunga diatas pillow.

ü  Letakkan mineral water, glass dan coster diatas bedside table.

ü  Set up Remote TV dan TV Guide diatas bedside table.

ü  Letakkan bath mat disamping bath tub dan di depan pintu shower room.

ü  Check kembali jika ada sampah dan towel yang sudah digunakan, buang sampah dan ganti towel dengan yang baru.

ü  Sebelum meninggalkan kamar, semprotkan kamar dengan pengharum ruangan.

 

2.      Public Area Section

a.      Morning Shift

Pada section ini penulis menempuh masa training selama 1 bulan, di section ini penulis memulai pekerjaan dari jam 05.00 sampai 14.00 WITA. Pada section ini ada beberapa tempat yang harus dibersihkan oleh public area attendant seperti lobby, restaurant, toilet umum, locker dan back office. Penulis sebagai seorang trainee bertugas untuk membersihkan area tersebut dibantu oleh senior dan diawasi oleh team leader (supervisor). Pekerjaan dimulai dari jam 05.00 WITA dan dimulai dari membersihkan restaurant. Restaurant yang dibersihkan adalah restaurant yang khusus menyediakan breakfast seperti, grand club lounge, salsa verde, garden cafe, dan watercourt. Ketika sudah memasuki jam 07.00 WITA, trainee kembali ke store untuk pembagian section selanjutnya seperti maintenance, loadingdock, area pasar sengol, corridor convention, pesona lounge, dll. Dan biasanya trainee akan dilepas sendiri tanpa dibantu oleh senior dan sebelum melakukan pekerjaan trainee akan diberitahukan oleh team leader area yang harus dibersihkan, jika sudah jam 10.30 WITA, trainee dan senior bisa istirahat dan makan siang hingga jam 11.00 WITA. Jam 11.00 WITA trainee kembali bekerja membersihkan restaurant seperti jam 05.00 WITA dibantu oleh senior sebelum restaurant dibuka untuk lunch, pekerjaan dimulai dari jam 11.00 WITA hingga jam 14.00 WITA.

b.      Afternoon Shift

Afternoon shift dimulai dari pukul 14.00 – 23.00 WITA, penulis diwajibkan datang 15 menit sebelum pukul 14.00 WITA.

Berikut adalah beberapa kegiatan yang dilakukan pada afternoon shift:

ü  Mengisi absensi kehadiran

ü  Membersihkan restaurant yang menyediakan dinner

ü  Membersihkan rest room

ü  Membersihkan loker ladies

 

3.      Linen

a.      Morning Shift

Morning shift dimulai dari pukul 09.00 – 18.00 WITA, penulis diwajibkan datang 15 menit sebelum pukul 09.00 WITA.

Pada section ini penulis diberi waktu selama 2 minggu untuk belajar, disini penulis diajarkan tentang tugas dan tanggung jawab seorang linen attendant. Adapun tugas dari seorang linen attendant adalah menyediakan sheet beserta perlengkapannya, menyediakan dan merapikan semua uniform karyawan (staff) hotel dan bertanggung jawab untuk melipat bath robe.

Adapun bagian-bagian dari linen yaitu:

a)      Linen Uniform

Pada bagian ini penulis diajarkan dan diberi tugas bagaimana caranya men-set up uniform karyawan (staff) yang telah dicuci bersih di laundry dengan cara meletakkan baju serta celana sesuai dengan nomor kode karyawan (staff) dan department masing-masing. Selain diajarkan cara mempersiapkan uniform karyawan (staff) trainee juga diajarkan cara mempersiapkan apron untuk karyawan (staff) F&B Product dan Steward.

b)      Linen Tailor

Ada beberapa pekerjaan yang trainee lakukan disini yaitu:

·         Melipat bath robe yang sudah dicuci.

·         Melipat napkin bersih yang baru keluar dari laundry.

·         Mempersiapkan WRD bersih untuk semua room attendant.

·         Menerima dan membuatkan record untuk napkin, wash cloth F&B Service dan glass cloth yang dibawa dari masing-masing restaurant (outlet) dan langsung di kirim ke laundry untuk dicuci.

 

4.      Laundry Section

Pada outlet ini saya (trainee) menempuh masa training 1 minggu, banyak hal yang saya pelajari pada outlet ini, misalkan bagaimana mengoperasikan mesin press. Ada 3 jenis mesin press yang saya pelajari teknik pengoperasiannya yaitu:

a)      Steam Press

Steam press hanya digunakan untuk beberapa pakaian diantaranya:

ü  Shirt (kemeja)

ü  Trousers (celana panjang)

ü  Short (celana pendek)

ü  Skirt (rok)

ü  Jacket (jaket)

b)      Susy Q

Susy Q hanya digunakan untuk pakaian diantaranya:

ü  Night gown (baju tidur)

ü  Blouse

ü  T-shirt

c)      Flat Roll Ironer

Flat rool ironer digunakan untuk:

ü  Bed sheet

ü  Duvet cover

ü  Pillow case


2 komentar untuk "Contoh Laporan Training di Hotel Grand Hyatt Bali"